Suzuki GSX-S 150, sport 150cc tanpa fairing yang mengejutkan!!

Berpartisipasi pada EPIC RIDE 16-21 Mei 2017

motorrio.com – Setelah beberapa hari mengintimi Suzuki GSX-R150, akhirnya giliran Suzuki GSX-S150 yang harus MR intimi dalam beberapa hari kedepan. Kebetulan motor yang MR testride pernah diajak dalam acara Epic Ride 16-21 Mei 2017 lalu bernomor 18. Secara desain boleh dikata GSX-S150 80% sama persis dengan GSX-R150, perbedaan utamanya di fairing dan riding position, yang meninggalkan kesan mendalam bagi MR.

DESAIN

Suzuki GSX-R150 tanpa fairing!!

Karena bergenre sport naked, maka yang paling kentara adalah minusnya fairing di bagian depan motor. Sebagai gantinya disematkan shroud disisi kanan-kiri motor yang desainnya pas dimata, dan pelindung mesin dibagian bawah yang sekaligus melindungi tabung reservoir radiator yang terletak di depan mesin bagian bawah.

Setang lebar yang tak terlalu tinggi menggantikan setang underyoke dibagian depan, sehingga posisi lebih nyaman, namun tak menghilangkan aura sport, karena masih lebih rendah dibandingkan dengan setang Honda Verza 150 sebagai perbandingannya.

Seat yang sama persis dengan GSX-R150

Disisi buritan, Suzuki memilih membiarkan desain GSX-R150 tetap diterapkan di GSX-S150. Yang artinya tidak ada perubahan untuk seat height baik rider dan boncenger, maupun kekerasan busa joknya, cenderung keras, khas motor sport. Bedanya lagi, di versi R seluruh bodi dilabur warna merah, versi S mulai dari shroud bawah sampai buritan diberi warna hitam, warna merah hanya pada tangki, cover headlamp dan shroud bagian atas saja, lebih sangar!!
ERGONOMI DAN HANDLING
Nah ini yang bikin MR berkesan, ergonominya lebih rileks, jika dibandingkan dengan GSX-R150, lha iya, wong sport naked kok, bukan sport tulen 😀.

Footstep pun masih idem dengan GSX-R150

Tapi tetap posisi riding berasa sport, karena footstep dan posisi seat rider masih 100% sama dengan versi R, yang artinya buritan menungging ala sport, bukan seperti motor sport 150cc seperti Yamaha Vixion dan Honda CB150R yang buritannya tidak terlalu menungging. Ini bisa jadi kelebihan bagi Suzuki  GSX-S150, tunggangan dengan feel sport touring, dan mudah untuk bermanuver tapi tampilan garang ala naked bike.

Efeknya, handling jadi mudah karena posisi setang yang tinggi, dan mudah dikendalikan, serta akselerasi nyaman seperti layaknya sport bike, benar-benar kombinasi yang nyaman untuk dipakai harian di dalam kota maupun luar kota

MESIN

Kalau dari sektor mesin, hampir tidak ada bedanya dengan saudaranya GSX-R150, akselerasi cepat, dan semakin enak digeber ketika diatas 9000 RPM. Hentakan tenaga mulai terasa di putaran 6000 RPM dan seakan ngga ada habisnya powernya sampai redline di 13.000 RPM. Karakter khas mesin balap yang dicangkokkan ke motor harian, bikin tangan gatal untuk geber terus!!

Apalagi mendengar raungan knalpot mulai dari 6000 RPM yang meraung sampai 9000 RPM dan melengking sampai dengan redline, bener-bener bikin terintimidasi!! Mencapai 130 kpj cukup mudah, dan seharusnya masih bisa lebih, tapi bukan tujuan MR untuk tes top speed, yang penting feelnya saat dikendarai. Kalau mau test top speed di sirkuit aja sepertinya lebih pas, apalagi di Youtube sudah banyak video top speed GSX yang bisa dilihat.

 

So…dari pengalaman MR bersua dan bercengkerama dengan Suzuki GSX-S150 selama beberapa hari, MR merasakan motor ini amat pas dengan kemauan sebagian besar bikers, yang ingin motor bertenaga dan enak dikendalikan di daily riding, dan memilki power besar yang bisa diajak “ngebut” jika kondisi jalan memungkinkan. Walaupun ada beberapa sisi yang perlu dibenahi untuk jadi naked bike 150cc, seperti desain headlamp, maupun jok yang mungkin bisa dibuat lebih nyaman untuk boncenger, bakalan lebih sip, apalagi ditunjang harga yang hanya IDR 24.950.000 OTR Surabaya, bisa jadi paket yang komplit dan pas!!

Advertisements

One response to “Suzuki GSX-S 150, sport 150cc tanpa fairing yang mengejutkan!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s