Yamaha R25 kok mati mendadak?!

image

Mazbro n mbaksis, Yamaha R25 memang dilahirkan sebagai motor yang bergenre sport murni, dengan segala konsekuensinya. Namun jika motor baru gres, tiba-tiba mati setelah dipakai beberapa saat, apa ngga bingung mazbro n mbaksis? Selain bingung, juga campur isin, wong motor anyar jeehhh!!

image

Seperti yang dialami mazbro Tobias Moza yang dishare via FB Grup Yamaha R25 Owners, dimana automatic engine cut off nya bekerja saat si Ar Tu Faiv kesayangan sedang dipakai JJS, sehingga mati mendadak. Alhasil motor dipinggirkan dan ditunggu sampai adem baru bisa dinyalakan lagi.
Usut punya usut, ternyata masalah ini disebabkan oleh dua hal (menurut komentar rekan-rekan Yamaha R25 Owners)
1. Mesin kepanasan, karena dipakai riding pelan-pelan, sehingga sirkulasi udara tidak maksimal, akibatnya suhu mesin mencapai batas toleransi maksimalnya, yang berakibat engine cut off bekerja
2. Volume air radiator dari pabrik tidak mencapai batas yang diharuskan, hanya sekitar sepertiga dari volume air radiator.

Sekarang MR coba bahas satu persatu menurut sepengetahuan MR, kalo ada yang kurang pas monggo ditambahkan.

image

1. Sebagai motor sport yang enteng menggapai putaran mesin tinggi, yang tentunya menghasilkan panas tinggi yang lebih cepat, tentunya mesin Yamaha R25 memiliki kebutuhan untuk melepaskan panas mesin yang lebih daripada motor biasa, apalagi mesin ditutup oleh fairing demi meningkatkan aerodinamika. So…kebayang kan, mesin yang ditutup fairing, panasnya bakalan susah keluar. Sebagai proteksinya, Yamaha sudah mensetting mesin untuk cut off alias mati jika suhu mesin mencapai batas maksimal selama beberapa saat, seperti yang dialami mazbro Tobias Moza diatas. Jadi perlu dibiarkan beberapa saat agar mesin kembali dingin dan engine cut off sudah meninggalkan titik aktivasinya, baru deh mesin bisa dinyalakan lagi.

image

2. Volume air radiator dari pabrik (pada beberapa motor) yang tidak mencapai batas yang dianjurkan, mengakibatkan mesin kurang mendapatkan pendinginan yang diharuskan. Karena tentunya Yamaha sudah memperhitungkan berapa banyak volume air radiator yang dibutuhkan untuk mendinginkan mesin Ar Tu Faiv nya, supaya bisa tetap maksimal performanya. Kalau kasus yang kedua ini, sepertinya hanya dialami oleh beberapa owner saja, jadi bukan semua, dan mazbro Tobias juga tidak mengalaminya CMIIW.

Jalan keluarnya kalau menurut MR sih, pemilik R25 sepertinya diharamkan memakai motornya untuk JJS pelan-pelan, ya minimal 40kmh lah, tapi kalau mau jalan pelan-pelan, pakai gear lebih tinggi, agar putaran mesin tidak tinggi juga, akibatnya mesin ngga terlalu panas juga, CMIIW lagi.
Tapi ya namanya motor sport, ya habitatnya di sirkuit atau di jalan yang longgar, bukan di jalanan perkotaan yang macet!! 😀

MR contact
Email : motorrioblog @gmail.com
Google + : Motorrio
You tube : Motorrio Rio

Advertisements

11 responses to “Yamaha R25 kok mati mendadak?!

  1. YAKAMPRET kualitas tempe

    yamaha emang cuma besar di mulut tp kualitas TEMPE

    Like

  2. Salam…, mau minta info2 nih….saya punya R25, ada masalah sama unitnya, mengenai tempratur, kalau sedang dalam posisi jalan, indikator tempratur normal (3 / 4) hanya saja setelah berhenti, dan mematikan mesin, indikator tempratur naik terus, malah sering sampai full (6 strip) memang fan tetap menyala, tapi saya tetap khawatir dengan motor saya.
    saya kemarin senin sudah cek ke bengkel resmi Yamaha (DDS cemp mas) ada 2 mekanik yang pegang motor saya, menurut mereka semua system berfungsi baik…. jd mereka msh belum bisa menemukan masalahnya, nahh,,,, apa ada masukan / solusi? Thanks berat sebelumnya… (Ferry)

    Like

  3. Muhammad Arfan Maulana

    Mas mohon maaf saya newbie nih soal R25.

    Saya mau tanya kalo panas nya itu sampai ke fairing normal ga yah ?

    Sekian terimakasih

    Like

    • Sampai ke fairingnya maksudnya gimana?
      Kalao keterlaluan ya ga normal, kalo cuma hangat2 ya gapapa mas, karena panas mesin ka terjebak di fairing, kalo ridingnya jarang lancar alias sering macet, ya wajar kalo sampai kepanasan
      Kalo posisi jalan lancar tapi hawa panasnya menyengat ya perlu diperiksa

      Like

  4. hilmi ahmad robani

    Mas saya punya motor r25 mas, nah masalah nya bgini saat riding biasa motor saya tiba tiba gembos gitu tapi tarikan gas tetap langsung mati mendadak, udah sering gitu mas pdahal motor saya baru 1 tahun dan baru aja di servis, mohon penjelasan nya min .

    Like

  5. Bro kenapa r25 mati mendadak. Padahal tadi sore baru aja ane jalan” pas mau kopdar tadi mlm tiba” enggak hidup lagi dan spedo meter keluar lampu putih bening

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s