Uji harian Yamaha Fino Fi 125, lincah!!

image

motorrio.com – Perkenalan pertama dengan Neng Fino sudah, sekarang waktunya tes motor retro matic Yamaha di jalanan Sidoarjo – Surabaya yah!!

Soalnya rumah MR di Sidoarjo sedangkan kerja di Surabaya, dan jarak antara rumah ke kantor sekitar 30 km, jadi pulang pergi sekitar 60 km, jarak yang cukup ideal untuk tes di jalanan yang cukup kompleks; lancar, macet, stop and go, banjir, komplit kan? 😀

Seminggu bersama Neng Fino memberikan kesan nyaman yang cukup mengesankan bagi MR, utamanya (dan lagi-lagi) saat duduk di joknya yang empuk. Dan keempukan jok ini memberikan kontribusi yang cukup signifikan saat melibas jalanan Sidoarjo – Surabaya yang keriting dan penuh tambalan dan lubang di aspal sepanjang 30 km dengan rute Trosobo (Sidoarjo) – Perak (Surabaya).

Yamaha Fino Fi 125 Nyaman Bener neh!!

image

Trosobo terkenal sebagai jalur maut, karena seringnya kecelakaan, truk mogok plus merupakan jalan utama antar kota dan provinsi yang lalu lintasnya dipadati roti tawar alias bis AKAP dan gajah alias truk trailer dengan kondisi jalan 60% seperti yang MR sebutkan diatas, syerem!!
Tapi sekali lagi, Neng Fino bisa menjalankan tugasnya dengan baik, mesin 125cc BlueCore nya responsif di putaran bawah dan menengah, dari berhenti sampai 70 kpj bisa diraih dengan cepat, namun setelah 70 kpj dan mencoba mengail topspeed, mulai kesulitan, topspeed on speedo yang bisa MR raih hanya 90-100 kpj saja. Tapi mohon diingat, size MR yang 183cm 80 kg tentu berpengaruh terhadap performa Neng Fino, bakalan lain kalau yang mengendarai berbadan kurus dan kecil, bisa lebih dari 100 kpj tentunya 😀

image

Panel di handle bar nyaman untuk dioperasikan, lebarnya setang sudah cukup, dan saat aksi menyelip diantara kemacetan MR cukup pede, karena akselerasi apik, lebar handle bar pas, tidak terlalu lebar, dek mencukupi, walau tidak terlalu luas. Seandainya posisi handle bar sedikit lebih tinggi bakalan lebih nyaman untuk MR yang 183 cm.
Dan sekali lagi jok empuk mengeliminir suspensi belakang yang agak keras, memang dirancang agak keras untuk kestabilan sepertinya, jadi MR tetap merasa nyaman saat melibas jalanan keriting dan penuh lubang, baik saat kecepatan rendah, menengah maupun tinggi. Respon saat perlu diajak manuver mendadak cukup bagus, Neng Fino menurut saja saat diajak banting kanan kiri mendadak. Rem depan cukup pakem, sayang yang belakang agak kurang pakem, mungkin karena setelannya saja yang perlu diperbaiki.
Kesimpulan akhir setelah melakukan tes ride selama seminggu ini, Neng Fino bisa dibilang nyaman, lincah dan cukup bertenaga di range bawah – menengah, masih sesuai dengan genre yang dibawa, retro matic, jadi disaat perlu akselerasi bisa melesat, tapi ya jangan berharap banyak akan top speed, karena ini retro matic, bukan sport matic!!

MR Contact
Email : motorrioblog@gmail.com
BBM Channel : C0037538A
Google+ : motorrio
You tube : motorrio rio
Instagram: motorrioblog
Auto blog : http://www.bikesandcarsworld.wordpress.com

Advertisements

3 responses to “Uji harian Yamaha Fino Fi 125, lincah!!

  1. fino 125 yang baru memang terkenal nyamannya, bila dibanding saudaranya mio m3/z series

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s