Tiga klasifikasi Dealer Honda di Indonesia, apa saja??

image

image

motorrio.com – Dealer Honda di Indonesia saat ini ternyata diklasifikasikasikan menjadi tiga jenis, yaitu Reguler, Wing dan Big Wing. Berdasarkan keterangan dari  Pak Eko Suryo, Manager Honda Customer Care Center (HC3) di PT
Mitra Pinasthika Mulia (MPM), perbedaan utama ketiganya ada di dua poin utama, yaitu produk yang dijual dan pelayanan yang diberikan pre dan post buying.

Produk yang dijual untuk dealer Reguler adalah motor-motor yang “umum” dijual, seperti Supra X125, Vario150, Verza, CB150R. Untuk dealer Wing selain menjual motor reguler, juga menjual motor Premium  (PCX150, CBR250RR, CRF250 Rally). Nah….untuk dealer Honda Big Wing, selain menjual produk reguler dan premium, dia juga menjual Big Bike Honda yang resmi masuk ke Indonesia (CB500F, CB500X,
CBR500R, CB650F, CBR650F, NM4 Vultus, CBR1000RR SP, & CRF1000L Africa Twin).
Sedangkan untuk pelayanan, jelas beda!! Honda Reguler ya seperti umumnya dealer motor, Honda Wing memiliki spot sendiri yang disebut Wing Corner, tempat memajang dan mencari info motor-motor premium dan seorang Sales Wing yang khusus direkrut dan dididik untuk melayani konsumen Premium. Sedangkan untuk Honda Big Wing selain Big Wing Corner, juga memiliki Premium Lounge, yang menyediakan fasilitas premium untuk konsumen khususnya, dengan pelayanan khusus, yang sudah membeli motor Honda seharga ratusan juta rupiah.
Dari kedua poin tersebut, maka satu dealer bisa merangkap menjadi dua kategori dealer, atau bahkan ketiganya sekaligus.
Contoh, Honda Delta Sari Agung (DSA) Sidoarjo, yang masuk kategori Dealer Homda Wing, yang menjual produk reguler dan premium sekaligus. Dan untuk dealer Honda Big Wing, contohnya adalah MPM Simpang, yang menjual semua produk Honda, mulai Reguler, Premium dan Big Bike.
Sedangkan untuk post buying, tambah jelas lagi bedanya, kalau untuk produk premium dan big bike, memiliki line tersendiri untuk servis, jadi tidak perlu antri seperti motor reguler, plus ada fasilitas untuk keadaan diluar kendali misalnya saat ada kerusakan di jalan, bisa lebih cepat ditanggapi.
Bagaimana untuk membedakannya?? Gampang aja sih, untuk 145 Honda Wing dealer semua memasang signage WING didepan dealernya, demikian juga untuk Big Wing yang sementara ada 10 dealer di Indonesia.
So….kalau mau beli CBR250RR atau CRF250 Rally, jangan ke dealer reguler ya, coz pasti mereka ga punya, harus ke dealer Honda Wing. Begitu juga kalau mau beli CBR1000RR, cuma ada di dealer Honda Big Wing, ga ada di dealer Honda Wing.

MR Contact
Email : motorrioblog@gmail.com
Twitter : @motorrioblog
BBM Channel : C0037538A
Google+ : motorrio
You tube : motorrio rio
Instagram: motorrioblog
Auto blog : http://www.bikesandcarsworld.wordpress.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s