Desain motor sport, sebesar apakah pengaruhnya pada penjualan?

cbr 150r vs cbr 1000rr.jpg

Desain CBR150R yang mencopy habis CBR1000RR

motorrio.com – Dalam memilih motor, apalagi motor sport, faktor desain menjadi salah satu faktor yang cukup penting bagi calon pembeli, contohnya Kawasaki Ninja 250Fi, yang mengedepankan moge look, dengan desain mirip kakaknya NinjaZX 636 yang berkapasitas lebih besar, seakan memenuhi keinginan calon pembelinya untuk memiliki “moge” dengan harga terjangkau. Tren ini sudh diikuti oleh kompetitornya sesama pabrikan Jepang, Honda dan Yamaha, yang berusaha memberikan sensasi menunggangi moge disaat mengunggangi motor seperempat liternya.

Hal ini pun berlaku pada motor berkapasitas mesin lebih kecil, di kelas 150cc, dimana Honda CBR150R generasi awal, memiliki desain bodi yang ramping, berubah menjadi lebih bongsor desainnya pada All New CBR150R, dan berbuah manis dengan laris manisnya model tersebut, apalagi ditunjang dengan campur tangan AHM selaku produsen, sehingga dikeluarkanlah CBR150R versi lokal yang berbasis CB150SF.

Contoh lain adalah Yamaha Vixion, yang desain awalnya menerapkan juga desain ramping dan ban kecil, akhirnya menerapkan perubahan desain menjadi moge look, dengan bodi gambot dan ban yang diperlebar, walaupun secara mesin dan frame tidak ada perubahan berarti.

Tren ini sebenarnya sudah lama terjadi di negara-negara Eropa, dimana motor berkapasitas kecil (bahkan kapasitas 50cc) sudah menerapkan desain yang mirip dengan motor berkapsitas besar, untuk mengakomodir ketentuan berkendara di negara asalnya, yang memang memiliki sistem surat ijin mengemudi berjenjang berdasarkan kapasitas mesin,

Tampaknya, tren ini bakalan bertahan lama dan semakin berkembang di Indonesia, sebab harga motor kapasitas 250cc keatas semakin tidak terjangkau bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, sehingga pilihannya adalah mencaplok desain moge untuk diterapkan dimotor produksi lokal. So….berbahagialah generasi sekarang, karena di jaman MR dulu, motor paling keren dan paling gede saat itu adalah Honda Tiger 2000, yang berkapasitas 200cc 😀

Advertisements

11 responses to “Desain motor sport, sebesar apakah pengaruhnya pada penjualan?

  1. Yang penting penampilan.. tenaga nomer sekian.. 🙂

    Like

  2. motor batangan yg lebih moge look lebih laku…berbanding terbalik dengan matic…yg kecil yg laku(faktor harga jg)…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s