Culinary Time: Kambing oven Warung Madinah… ajiiibbbb!!

Kambing oven Madinah 1

Mazbro n mbaksis, kebetulan sudah 2 tahun ini MR pindah tugas ke daerah sekitar Ampel Surabaya Utara. Daerah Ampel yang terkenal dengan wisata religi makam dan masjid Sunan Ampelengah yang kental, tak terkecuali kulinernya. Dan tentu saja, daerah dengan nuansa Timur Tengah menyajikan masakan yang berbahan dasar daging kambing. Yup….daging kambing bisa dikatakan merupakan menu wajib bagi sebagian besar masakan Timur Tengah, mulai dari martabak, kare kambing, sate kambing, kambing oven dan berbagai kuliner lainnya.

Kambing oven Madinah

Kali ini MR berkesempatan untuk mencicipi kambing oven, di Warung Madinah, yang sudah terkenal dengan kambing ovennya. Jangan pandang sebelah mata kalau melihat lokasi dan kondisi warung yang agak sempit dan lumayan tersembunyi lokasinya, plus interior yang masih klasik banget, serasa di era 60-an. MR bersama rekan-rekan kantor memesan masing-masing seporsi kambing oven plus nasi dan jeruk hangat. Begitu pesanan datang, langsung saja MR abadikan menu spesial hari ini, sungguh menggoda iman!!

Kambing oven

Daging kambing muda yang dimasak menggunakan oven dengan berbagai bumbunnya yang disajikan dengan kuah kacang, mirip kuah sate, plus potongan bawang merah yang diiris tebal, begitu menggoda lidah untuk segera mencicipinya. Bau amis kambing yang biasanya masih sedikit melekat di masakan berbahan dasar kambing, tidak tercium sama sekali, ajibbb!! Segera saja MR tusukkan garpu ke kambing oven yang sudah terhidang, hmm….empuk bener nih!! Gampang banget dipotongnya pakai sendok, mau pakai tangan juga oke aja, lha wong bener-bener empuk sih 😀

Kambing oven kuah kacang

Ajibnya lagi, dagingnya berasa begitu lembut, ngga alot sama sekali, bahkan ektremnya kalau mau langsung dimasukkan kemulut lumer kali yak :D. Rasanya juga pas, ngga terlalu berempah seperti masakan India, mungkin karena sudah dikondisikan dengan konsumen di Indonesia, sehingga lebih mudah diterima. Ketika dipadu dengan kuah kacangnya juga enak, semakin gurih karena ada remukan kacang tanah di kuahnya. Namun bagi yang tidak terlalu suka kuah kacang, bisa diganti dengan kuah yang berisi campuran kecap dan bawang merah iris, jauh lebih nikmat!!

Kambing oven daging

Nah untuk urusan harga memang agak lumayan, sekitar RP.50ribu untuk seporsi kambing oven, namun menurut MR sebanding dengan rasa kambing oven Warung Madinah yang untuk sementara ini paling juara diantara masakan berbahan dasar kambing yang pernah MR nikmati!! Selamat mencoba!! 😀

 

Advertisements

11 responses to “Culinary Time: Kambing oven Warung Madinah… ajiiibbbb!!

  1. mak nyusss…..lemak

    Like

  2. Kalau aku biasanya di Depot Yaman, harganya lebih mahal sih. Tapi penyajiannya di hot plate

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s