Rumor Yamaha R25 tiga silinder, masuk akal ngga?

Yamaha R25 3 cylindermotorrio.com – Kehadiran Kawasaki Ninja ZX-25R dengan konfigurasi mesin empat silinder memang jadi penyulut pabrikan Jepang lain untuk ikut naik kelas. Setelah rumor Honda CBR250RR yang bakalan memiliki mesin empat silinder, bersamaan dengan itu muncul rumor Yamaha bakalan merilis R25 dengan format tiga silinder!

Cukup menarik, karena Yamaha sepertinya sudah memperhitungkan pangsa pasar yang akan direngkuh jika memang nantinya jadi dirilis. Di Indonesia pasar Yamaha R25 memang kurang moncer, namun kebalikannya, di luar Indonesia dan Asia, Yamaha R3 (versi 300cc dari R25) cukup laris untuk motor kelas pemula, karena memang Honda CBR250RR hanya dipasarkan di Indonesia dan beberapa negara Asia.

Nah, format motor tiga silinder di luar Asia sudah cukup familiar walaupun dengan kapasitas jauh lebih besar, seperti Triumph yang memiliki beberapa model dengan mesin tiga silinder. Mesin tiga silinder memiliki beberapa keuntungan, yaitu bobot mesin lebih ringan karena komponennya lebih sedikit dan torsi yang lebih melimpah dibanding mesin empat silinder. Bahkan Yamaha pun sebenarnya punya line up tiga silinder, yaitu MT-09 dan XSR900, kakaknya XSR155.

Dengan semakin sedikit komponen, seharusnya harga jual lebih murah, namun mesin tiga silinder memiliki kekurangan, getaran mesin yang lebih besar daripada mesin dua atau empat silinder, kemungkinan karena jumlah silinder yang ganjil.

So….tinggal keputusan dari Yamaha, apakah jadi merilis R25 bermesin tiga silinder, ataukah bakalan merilis R25 empat silinder??

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s