Test Drive : Daihatsu Luxio 2013

Luxio front

Mazbro, kali ini MR sedikit menulis tentang pengalaman test drive mobil Daihatsu Luxio tahun 2013 yang MR pakai saat ke lokasi wisata Anak Gunung Kelud hari Minggu 01/02 yang lalu. Dan alhamdulillah MR bersyukur banget masih diberi kesempatan, karena esoknya, tanggal 02/02, status gunung Kelud dinaikkan menjadi Siaga, karena adanya peningkatan aktivitas, fiuuhhhh!!!

Dashboard

Back to topic…. mobil yang MR pakai adalah Daihatsu Luxio tahun 2013 yang dipinjam dari teman ipar MR si Nganjuk. Secara tampilan luar Luxio ini cukup ganteng, dengan warna putih dan dengan tambahan aksesoris di bemper depan dan belakang yang menambah kesan mewah. Oh iya, Luxio ini merupakan kasata tertinggi dari seri Grand Max, dan dari namanya saja, Luxio, Daihatsu berharap bahwa inilah varian MPV paling Lux (mewah). Interior bagian depan cukup bagus,  dengan desain dashboard yang cukup modern. Jok pengemudi dan penumpang depan cukup lega, namun sayang untuk pengoperasian gas, rem dan kopling, menurut MR sih, terlalu rapat!

ruang kaki ruang kaki 1

Lihat foto diatas deh, kaki MR yang sebelah kanan alias untuk nge-gas, termakan oleh tonjolan roda depan, sehingga terpaksa kaki kanan MR nempel di tonjolan itu! Jadi kurang nyaman bagi pengemudinya. Oh iya, untuk tuas transmisi, terletak di bagian dashboard, alias nempel, jadi perlu penyesuaian untuk mengoperasikannya, rada kagok mazbro!! 😀 Nah untuk posisi mengmudi, kalau mazbro sering mengemdarai sedan, pasti terasa aneh, karena lebih tegak dan lebih tinggi! Kalau MR bilang sih seperti mengendarai mobil barang macam Suzuki Carry gitu, namun dengan sudut setir yang agak rendah, jadi ga berasa bawa mobil barang gitu.

20140201_163246

Sedangkan interior belakang, biasa bangettttt!! Mungkin karena memang desain awalnya mobil barang ya, jadinya kurang mengakomodasi penumpang. Plusnya, banyak tempat untuk menaruh makanan dan minuman disisi penumpang belakang. Sebenarnya jok penumpang baris kedua dan ketiga cukup lega, namun ya itu, statis, ngga bisa dimaju mundurkan untuk memberi ruang di kaki penumpangnya, walaupun unttuk baris kedua bisa diatur posisi duduknya (rebah atau tegaknya).

Speedometer

Saatnya test drive nih!! MR coba menyalakan mesinnya,……cukup halus, dan masuk ke gigi 1 cukup smooth juga, naik ke gigi 2, 3, 4, 5 cukup bagus akselerasinya, walaupun dibilang jos banget ya ngga juga, cukupanlah. Apa mungkin karena faktor belum pernah mengendarai ya, jadi perlu penyesuaian?? Lanjut dari Nganjuk sampai ke Kediri, cukup lancar dan nyaman, namun saat sudah mulai menanjak, mulai deh terasa kekurangan tenaganya mobil ini. Jadi untuk melahap medan tanjakan, MR harus pintar-pintar mengatur ritme antara menginjak gas, menggoper gigi dari 2 ke 1, kalau nggak mau mobilnya kehilangan tenaga dan meluncur turun mazbro!! Cukup meyeramkan, apalagi ini baru pertamakalinya MR berkendara ke Gunung Kelud. Untuk mengatasinya, MR sempatkan uuntuk berhenti sejenak setelah melalui tanjakan terjal, selain untuk memberikan jeda bagi mesin mobil untuk istirahat, sekaligus mengabadikan pemandangan yang SubhanAlloh, indah sekali!! Serasa di Eropa gitu mazbro!! Padahal MR belum pernah ke Eropa, siapa tau ada mazbro yang mau ngajakin yah hehehe….

20140201_150200

Lanjut perjalanannya, ke lokasi terakhir yang bisa ditempuh dengan mobil, adalah tempat parkir atas (namanya gitu sih dipetunjuknya) sebelum kita berjalan kaki menuju terowongan dan melihat anak gunung Kelud. Namun sayang mazbro, disaat MR sudah berjalan menuju lokasi terowongan, tiba-tiba saja hujan deras mengguyur lokasi. Setelah menimbang hujan yang amat deras plus waktu yang sudah jam 4 sore, MR putuskan untuk turun kembali ke Nganjuk. Nah, disaat turun ini, MR mulai merasakan satu kekurangan di sektor pengereman, entah memang bawaannya atau karena memang kondisi kampas rem yang sudah mulai aus, jadi disaat MR menuruni jalanan (yang awalnya tanjakan) terasa sekali kalau remnya kurang menggigit!! Jadi MR sudah injek itu pedal rem sampai mentok, eladalah kok yo masih tlunyur aja ini mobil, pas cuaca hujan deras pisan, astagfirullah!! Jadinya sambil menyetir plus berdo’a, MR berusaha sekuat mungkin mengendalikan mobil, plus lagi, tangan kiri siap-siap di handle rem tangan, siapa tau ada keadaan yang perlu rem lebih kuat!! Alhamdulillah, sampai di lokasi yang sudah agak landai, tidak ada kendala yang berarti selain ndredeg di dada, fiuuhhhh!!

Nah, dari pengalaman MR test drive Luxio selama kurang lebih 10 jam-an, bida disimpulkan sebagai berikut mazbro

  • Secara umum, Luxio cukup nyaman dikendarai
  • Ruang kabin cukup lega dan nyaman
  • Posisi mengemudi perlu penyesuaian bagi mazbro yang biasa driving sedan, namun bagi yang biasa driving Carry dan sejenisnya dijamin sudah nyaman
  • Posisi tuas transmisi di atas dashboard cukup membantu, walaupun MR beberapa kali refleks untuk memindah gigi dengan mengulurkan tangan kebawah, ehhh ternyata maloah botol minuman yang kepegang 😀
  • Rem kurang pakem
  • Tenaga ditanjakan kurang, kudu pintar mengatur perpindahan gigi dan menginjak gas agar bisa melesati tanjakan terjal

Daihatsu perlu melakukan beberapa upgrade di Luxio, jika dilakukan, terutama di sektor pengereman dan tenaga,MR rasa sudah cukup menjadi modal untuk Daihatsu meningikatkan penjualan Luxio, sebagai mid luxury MPV-nya

 

Advertisements

7 responses to “Test Drive : Daihatsu Luxio 2013

  1. ngos-ngosan saat nanjak?

    Like

  2. belum pernah nyobain ini,keknya sih enak coz dah ac & powersteering hehe.
    biasa bawa carry 1.0 , mungkin ga jauh beda kek APV

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s