Tips membawa barang di sepeda motor dengan aman dan nyaman

Tips membawa barang – motorrio.com – Motor matic memang memiliki kemudahan dalam kegiatan sehari-hari, mulai dari untuk berangkat kerja, ojek online, maupun membawa barang yang bisa ditaruh cukup leluasa, sehingga bisa membawa lebih banyak jik dibandingkan dengan motor underbone apalagi motor sport.

Yamaha Riding Academy (YRA) memiliki beberapa tips agar saat kita berkendara sambil membawa barang, bisa tetap aman dan nyaman. Berikut 8 (delapan) tips berkendara, mulai dari proses penempatan hingga membawa barang, berikut diantaranya :
1. Pada saat menempatkan barang di atas motor, jika ukuran barang cukup besar, pastikan motor dalam keadaan standar tengah. Hal ini akan membuat motor lebih rata, sehingga lebih mudah untuk mengikat barang ukuran besar.
2. Siapkan tali pengikat yang lentur. Disarankan dari bahan karet, sehingga dapat membuat ikatan lebih kencang maksimal dan barang tidak mudah bergeser karena dapat mengganggu keseimbangan.
3. Disarakan dimensi barang tidak melebihi lebar dari stang motor, dan tinggi pengendara. Jika terlalu lebar akan sulit untuk bermanuver dan membuat keseimbangan pengendara terganggu.
4. Pastikan panjang barang bawaan tidak melebihi atau menutupi lampu belakang. Agar pengendara lain dapat tetap melihat signal lampu dari motor.
5. Untuk motor matic, jika barang bawaan kecil sebaiknya ditaruh dibawah jok atau di sisi kaki depan pengendara. Posisi barang seperti ini akan lebih mudah dikontrol oleh pengendara.
6. Jika menggunakan tas backpack untuk membawa barang, perhatikan dimensi tas yang aman agar tindak mengganggu fleksibilitas pengendara
7. Hindari membawa barang yang berat bersama penumpang. Hal ini akan mengurangi keseimbangan berkendara karena kelebihan beban (overload)
8. Jika barang bawaan cukup banyak, lebih baik diangkut dalam beberapa kali, atau gunakan alternatif kendaraan lain yang lebih besar.

Gimana, tipsnya cukup berguna kan? Jangan lupa tetap memakai helm dan jaket supaya semakin aman dan nyaman, tentunya juga memenuhi aturan lalu lintas yang ada.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s