Sahabat Media Fun Amazing Race with Daihatsu New Ayla, Test Drive sekaligus wisata lintas pulau

motorrio.com – Sahabat Media Fun Amazing Race with Daihatsu New Ayla yang diselenggarakan Sabtu (06/05) dari Daihatsu Waru Sidoarjo ternyata tak sekedar test drive belaka, namun sekaligus wisata lintas pulau!! Berkumpul di Daihatsu Waru jam 8, briefing bersama Budhy Lau selaku Regional Manager Astra Daihatsu Jatim dan Munandar selaku Kepala Bengkel yang menjelaskan perubahan dan perbaikan yang disematkan di Daihatsu New Ayla, plus penjelasan dari rekan Patwal, kami pun bersiap berangkat bersama 15 unit Daihatsu New Ayla R 1200cc.

Beberapa perubahan penting yang utama dari New Ayla dibanding versi sebelumnya adalah kesenyapan, desain exterior – interior dan rigiditas sasis serta penambahan varian baru berkapasitas 1200cc 4 silinder seperti yang MR coba bersama Cak Wiwied dari OTOPLUS dan Bu Titin dari Beritasurabaya. Semua improvement yang dilakukan berdasarkan masukan para user Daihatsu Ayla yang mengeluhkan poin-poin tersebut.

EXTERIOR

Desain Daihatsu New Ayla R 1200cc jauh lebih sporty dari versi sebelumnya. Garis desain segaris antara headlamp LED projector dengan grill tampak serasi, spion elektrik dengan sein, dan stoplamp desain baru yang sporty plus bemper depan belakang yang juga sporty bikin tampilan Sporty abiezzz!!

INTERIOR 

Masuk kedalam kabin Daihatsu New Ayla R 1200cc MT, yang merupakan varian tertinggi (juga tersedia versi automatic), terasa lebih mewah dari versi sebelumnya. Jok semi bucket dibagian depan, heoadunit double din dengan touchscreen dan Steering Control di lingkar kemudi memudahkan driver mengoperasikan headunit saat berkendara. 

Amazingnya, headroom masih lega saat MR duduk di seat depan yang bisa dimundurkan jauh ke belakang, bahkan kaki MR yang berpostur 183cm, hampir tak bisa menggapai pedal gas dan rem saat seat depan dimundurkan maksimal, legaaa!! Saat mencoba duduk di seat belakang pun terasa cukup longgar, namun seat depan tidak dimundurkan maksimal ya, kalau dimaksimalkan ya mentok ke lutut MR 😀 

Dashboard terasa modern dan lagi-lagi sporty, indikator putaran mesin, kecepatan dan layar MID tampak jelas dan mudah dilirik. Adanya Dual SRS Airbag menambah keamanan bagi penumpang depan, kompartemen melimpah di keempat pintunya.

HANDLING DAN PERFORMA

Size body yang kompak ternyata tak berpengaruh terhadap handling Daihatsu New  Ayla, terbukti saat MR melintasi tikungan dengan kecepatan 60 km/jam tak terasa limbung. Posisi duduk yang Xenia banget alias ala MPV, dengan tinggi setir sejajar dengan dada pengemudi, cukup nyaman saat bermanuver.

Saat MR coba geber sampai mentok, putaran mesin terasa berat di putaran awal sampai sekitar 3500 rpm, dan baru melesat diatas 3500 rpm. Limiter terasa bekerja di 6100 rpm, sesuai dengan redline yang terpampang di konsol spidometer, mencapai topspeed 140 km/jam di gear 4. Handling tetap stabil sepanjang digeber di kecepatan tinggi. Gear 5 belum sempat dieksplor karena jalan Suramadu keburu habis di gear 4.

Dengan beragam kondisi jalan, mulai kemacetan kota, kecepatan tinggi dan rendah, rata-rata konsumsi bahan bakar terbaik yang bisa diperoleh sebesar 13 km/liter, namun saat jalan lengang dan rpm bisa dijaga antara 3000-4000 rpm bisa mencapai 20 km/liter, cukup irit.

Secara umum, Daihatsu bisa menunjukkan improvement cukup besar pada produk terbarunya, Daihatsu New Ayla R 1200cc, dan cocok digunakan di segala macam kondisi jalan, dan lalu lintas, mau pelan ayo, kenceng juga ok, sesuai taglinenya its fun to/be more!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s