Safety Riding Course #cari_aman bareng MPM Honda , bikin MR kaya orang baru belajar naik motor aja nih!!

motorrio.com – Akhirnya MR dan rekan-rekan Jatimotoblog berkesempatan juga untuk melakoni Safety Riding Course di MPM Honda Learning Center Sedati Sidoarjo yang bakalan jadi tuan rumah ajang kompetisi Safety Riding tingkat nasional tahun ini. 

Kalau yang belum tau – termasuk MRSafety Riding Course ini semacam CSR nya Honda ke masyarakat selaku konsumen motor Honda. Dan untuk ikut pelatihan ini tidak ada biaya sama sekali alias gratis…tis…tis..!! 

Malah baju, celana dan perlengkapan Safety Riding disediakan oleh MPM Honda, asyik tho?! Ada ruang ganti yang dilengkapi loker berkunci untuk kita berganti pakaian, plus…ada kamar mandinya juga untuk membersihkan diri setelah berjibaku di area sirkuit Safety Riding.

Kelar ganti baju dan pasang perlengkapan, peserta diberi briefing singkat mengenai apa itu Safety Riding dan teori singkatnya oleh mas Dimas, instruktur Safety Riding yang meraih juara kompetisi Safety Riding International di Jepang tahun lalu. 


Sebelum memulai berkendara, kita harus paham benar dengan motor yang akan kita kendarai, tipe motor, mesin motor dan karakter motor. Setelah paham baru berlanjut dengan materi Teknik dasar berkendara yang terbagi dalam tiga poin utama:

  1. Balancing, belajar keseimbangan berkendara motor dengan praktek melintasi papan sepanjang 15 m dan 10 m yang ditempuh dalam 15 detik dan 10 detik
  2. Braking, belajar pengereman yang benar dan efektif dari kecepatan 40 km/jam sampai berhenti total
  3. Manuver, belajar bermanuver dalam berkendara yang bermanfaat melatih skill dan refleks. Dibagi dalam tiga bagian; Figure-8, Slalom Offset dan U-turn.


Saat turun di sirkuit untuk praktek, ternyata tak semudah yang MR bayangkan, malah MR serasa baru belajar naik motor!!! Sesi Balancing, MR kudu beberapa kali mencoba baru bisa sedikit menguasai teknik yang diajarkan. Braking lumayanlah, udah cukup bisa menggapai batas 10 meter untuk pengereman pada 40 km/jam. 


Sesi Manuver yang agak sulit, terutama U-Turn, dimana kita tidak boleh menekan kopling dan rem depan sama sekali saat bermanuver, jadi mengandalkan hentakan bukaan gas dan sedikit rem belakang. Figure-8 lolos, Slalom lumayanlah, U-turn amburadul 😀 

Maklumlah baru pertama kali mencoba, mungkin next time bisa mencoba lagi untuk mengasah kemampuan berkendara motor.

Kalau mazbro n mbaksis mau ikutan juga, boleh kok!! Datang saja di lokasi MPM Learning Center Sedati sebelum jam 9 pagi tiap hari Kamis, dan silakan ikuti fun coursenya. Atau kalau berkelompok banyak orang mending janjian dulu ya sama MPM 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s