RAM air, perangkat sederhana tapi berefek besar!!

image

image

RAM air Ninja H2

motorrio.comRAM air, perangkat peningkat performance satu ini diperkirakan akan diaplikasikan di next Yamaha R25 2017. Seperti yang sudah diaplikasikan di Honda CBR250RR, RAM air sejatinya perangkat sederhana berupa corong yang diujung luar berdimensi besar, dan di pangkal berdimensi lebih sempit.

Ujung luar bertugas mengumpulkan volume udara (air-english) kemudian memampatkannya dengan bantuan saluran udara yang mengecil di pangkalnya, sehingga didapat udara dengan densitas tinggi sehingga meningkatkan rasio udara-bahan bakar (AFR, Air to Fuel Ratio).
Efeknya tenaga yang dihasilkan meningkat, namun dengan bahan bakar yang lebih irit.
RAM air bakal lebih terasa manfaatnya saat motor dipacu pada kecepatan tinggi, karena sifatnya yang hanya berdasarkan aliran udara akibat pergerakan motor, tanpa adanya perangkat peningkat aliran, seperti turbocharger.. Oleh sebab itu, RAM air biasanya disematkan pada motor high performance, supaya bisa mendongkrak tenaga saat dipacu pada kecepatan tinggi.

MR Contact
Email : motorrioblog@gmail.com
Twitter : @motorrioblog
BBM Channel : C0037538A
Google+ : motorrio
You tube : motorrio rio
Instagram: motorrioblog
Auto blog : http://www.bikesandcarsworld.wordpress.com

Advertisements

4 responses to “RAM air, perangkat sederhana tapi berefek besar!!

  1. Byson udah pake ram air dari tahun 2010

    Like

  2. masih ambigu apakah Ram Air next R15 itu cuman hiasan atau beneran ada fungsi sebagai penyalur udara, kalo emang bener menyalurkan udara kedalam airbox ini artinya bakal jadi yg pertama yg mengaplikasikannya di kelas 150cc. atau at least cuman berfungsi mengalirkan udara ke sektor engine guna bantu pendinginan juga bagus. Tapi kalo cuman hiasan IMHO malah bakal bikin udara jadi turbulen didalamnya, yg akhirnya mengurangi aerodinamika.

    Like

    • Kalau yang di R15, hampir pasti hanya hiasan, kalau melihat dari spyshot lampu depan, dan yes, itu bakal bikin aerodinamika kurang baik. Namun untuk yang di R25 bocorannya sih pakai RAM air.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s