Strategi Honda: PaLuGaDa!!

image

motorrio.com – Honda, merk Jepang satu ini memang fenomenal, utamanya di industri otomotif dunia. Didirikan oleh Soichiro Honda, melalui Honda Corporation pada 1948, sekarang sudah menjadi raksasa industri utamanya otomotif. Produknya menggurita, mulai dari motor berkubikasi kecil, sampai yang gede, mulai roda dua, empat, sampai pesawat pun ada. Jadi bisa dibilang
strategi Honda PaLuGaDa, aPa yang Lu mau Gua aDa!!
Walaupun memang ngga di semua lini industri Honda muncul, contohnya heavy industry yang notabene Kawasaki menguasai, namun untuk sektor otomotif khususnya roda dua, Honda begitu PaLuGaDa!! Khususnya di Indonesia, strategi ini sepertinya bakalan menjadi strategi merebut marketshare lebih banyak, walaupun Honda sendiri sudah menguasai lebih dari 50 persen marketshare roda dua di tanah air.
Tanda-tandanya mulai tampak, sejak Yamaha melaunching matic Mio-nya yang langsung dibantai oleh Honda dengan Beat-nya. Dilanjut Vixion yang sampai saat ini masih belum bisa dibantai oleh CB150R, namun Honda seakan berjalan sendiri diatas angin kala kita melihat segmen sport fairing 150cc, dimana CBR150R begitu dominan seakan tiada lawan, walaupun disana ada R15.
Tapi, sekali lagi, dengan dana seolah limitless, Honda terus menggelontorkan produk baru, yang kalau diperhatikan seakan mengekor, namun mengekornya total, sembari menjiplak model yang sudah eksis bin laris, juga disempurnakan, baik teknologi utamanya desain!! Karena kalau MR perhatikan, kebanyakan konsumen membeli produk dilihat desainnya dulu, urusan kencang, powerfull, nomor dua!!
Langkah selanjutnya Honda bakalan mencoba membantai Kawasaki, merk Jepang yang menghindari pertarungan langsung dengan kompetitornya. Disaat yang lain bertarung di kelas matic, sport 150cc sampai berdarah-darah, Kawasaki anteng di segmen trail, dan big bike, alias motor CBU. Honda sudah mencoba dengan memasukkan jajaran big bike nya, mulai sport, dual purpose, sampai bigmatic, namun belum kentara hasilnya. Di segmen trail, kabar Honda yang bakalan melaunching trail 150cc, sedikit banyak mengganggu Kawasaki yang selama ini duduk tenang di segmen ini.
Kalau istilah marketingnya sih One Stop Shopping, alias PaLuGaDa kalo istilah Indo-nya. Strategi Honda PaLuGaDa bakalan berhasil kalau kompetitor tidak segera berbenah, dan jika itu terjadi, dominasi Honda di era 80-90an bakalan terulang, dan siap-siap konsumen untuk kembali menerima motor berteknologi sama, hanya berganti baju, seperti era Honda bebek C series 100cc, yang hanya berganti baju saja!!.

MR Contact
Email : motorrioblog@gmail.com
BBM Channel : C0037538A
Google+ : motorrio
You tube : motorrio rio
Instagram: motorrioblog
Auto blog : http://www.bikesandcarsworld.wordpress.com

Advertisements

9 responses to “Strategi Honda: PaLuGaDa!!

  1. Penting ojo palu arit. #eh…

    Like

  2. ada yang tidak ada,
    Honda Indonesia belum punya trike

    Like

  3. bukan palugada, tapa palagada (pa yang laris gua ada)…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s