Di pajak kendaraan ada singkatan SWDKLLJ, apaan tuh???!!

image

motorrio.com – Pernah memperhatikan pajak STNK kendaraan yang mazbro n mbaksis miliki? Disana ada kolom yang bernama SWDKLLJ, berada di sebelah kanan tepat dibawah kolom PKB. Ada yang tau apa itu SWDKLLJ, dan apa fungsinya?

SWDKLLJ adalah singkatan dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Dari kepanjangannya aja, kita bisa menebak bahwa SWDKLLJ berhubungan dengan asuransi kecelakaan lalu lintas untuk diri kita sendiri, dimana dengan membayar SWDKLLJ setiap tahun saat kita membayar pajak kendaraan, secara tidak langsung diri kita terdaftar ikut asuransi yang dikelola oleh Jasa Raharja, perusahaan asuransi BUMN.

Sedangkan untuk besaran tarif SWDKLLJ tergantung dari jenis kendaraan yang kita miliki. Untuk motor berkapasitas mesin 50 cc s.d. 250 cc akan dikenai tarif Rp 35 ribu. Sedangkan untuk jenis sedan, jip dsb sebesar Rp 143 ribu.

Manfaat yang diperoleh dari SWDKLLJ adalah kita mendapat perlindungan asuransi jika terjadi kecelakaan lalu lintas. Besarnya santunan yang diberikan oleh Jasa Raharja berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI No 36/PMK.010/2008 dan 37/PMK.010/2008 tanggal 26 Februari 2008 yakni :

– Meninggal Dunia, sebesar Rp25 juta
– Cacat Tetap (Maksimal), sebesar Rp25 juta
– Biaya Rawat (Maksimal), sebesar Rp10 juta
– Biaya Penguburan, sebesar Rp2 juta

Ok, sekarang kita sudah paham akan arti dan manfaat SWDKLLJ, terus gimana cara klaimnya kalau terjadi kecelakaan? Prosedur klaimnya sebagai berikut:
1. Menghubungi kantor Jasa Raharja terdekat.
2. Mengisi formulir pengajuan dengan melampirkan laporan kecelakaan dari pihak kepolisian ato pihak berwenang, surat keterangan kesehatan dari dokter yang merawat/RS, KTP/identitas korban/ahli waris korban.
3. Jika korban luka-luka maka dilampirkan kuitansi biaya perawatan dan pengobatan yang asli sedangkan jika meninggal dunia maka diperlukan Kartu Keluarga atau Surat Nikah.
4. Hak santunan menjadi gugur jika pengajuan lebih dari 6 bulan sejak terjadinya musibah ato tidak dilakukan penagihan dalam waktu 3 bulan sejak hak santunan disetujui oleh Jasa Raharja.
Nah…..udah jelas kan, apa arti, fungsi dan cara klaim SWDKLLJ, namun semoga kita semua selamat saat berkendara dan sampai tujuan serta dalam perjalanan pulang, apalah artinya uang klaim yang tak seberapa jika dibanding dengan kesulitan yang kita alami saat terlibat kecelakaan.
Satu lagi info yang penting, santunan ini diberikan tidak hanya kepada seseorang/pengemudi tetapi juga berlaku kepada para penumpang yang ikut menjadi korban kecelakaan.

So…. jangan sampai terlambat bayar pajak STNK kendaraanmu ya coz kalau sampai terjadi musibah, melongo dah, ngga bakalan dapat santunan dari Jasa Raharja kalau mazbro n mbaksis telat atau belum bayar pajak kendaraan!!

Waspadalah……waspadalah….!!!

(Sumber: Wily Susanto lewat akunnya dikutip brilio.net)

MR Contact
Email : motorrioblog@gmail.com
Google+ : motorrio
You tube : motorrio rio
Instagram: motorrioblog
Other blog : bikesandcarsworld.wordpress.com

Advertisements

3 responses to “Di pajak kendaraan ada singkatan SWDKLLJ, apaan tuh???!!

  1. Wooohh

    Kelemahan Honda Sonic 150 R Ala Macantua.com – http://wp.me/p2XD22-2wD

    Like

  2. hemmm semoga aja ngurusnya gampang, paling bete kalo dipersulit -_-

    =================
    Spyshot Toyota Avanza Veloz dengan muka yang beda lagi nih…
    tapi gimana gitu tampangnya… hehehe 😀

    http://yudakusuma.com/2015/07/09/spyshot-tampilan-toyota-new-avanza-veloz-bagaimana-menurut-sedulur/

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s