Honda K56, siapa saja yang mau dihancurkan??

image

Mazbro n mbaksis, setelah Project K45 alias CBR150R lokal usai, tentunya AHM masih memiliki banyak project selanjutnya, baik facelift produk lama maupun yang benar-benar baru. Untuk produk lama MR ngga bahas ya, karena AHM terkenal jarang melakukan facelift total, alias selalu step by step. Nah kita bahas yang project K56 saja alias underbone 150cc yang rumornya menggunakan dua platform, yaitu underbone alias bebek dan satu lagi berwujud seperti Sonic 125
alias ayago, seperti yang disebutkan TMCBlog dalam artikelnya beberapa hari yang lalu.
Nah…..secara segmentasi pasar, secara sederhana, MR bagi empat saja untuk pasar motor di Indonesia, matic, bebek, sport dan terakhir, mengutip jargon Suzuki, hyper underbone alias bebek super. Eittsss…kan bebek super itu termasuk ke segmen bebek?? Kenapa MR sendirikan?? Karena secara mesin, teknologi yang diterapkan berada diatas segmen bebek, yang umumnya menggunakan platform mesin horisontal, sedangkan bebek super menggunakan platform mesin motor sport, alias mesin vertikal. Plus teknologi “terkini” yang ngga ada di bebek “biasa”, sebut saja pendingin water cooled engine, camshaft dobel alias DOHC de el el.
Balik ke judulnya, dengan project K56 ini, siapa saja yang mau “dihancurkan” Honda?? Secara segmentasi memang tinggal bebek super yang belum dimasuki oleh AHM, dan jelas penghuninya ada 2, Yamaha Jupiter MX135 (yang sebentar lagi bakalan jadi MX King 150) dan Suzuki Satria FU 150, dimana keduanya berbeda wujud, Jupiter MX masih murni bebek underbone, sedangkan Satria FU ayago, klop wes!!
Secara sumber daya, baik manusia maupun kapasitas pabrik apalagi dana riset, AHM tidak ada duanya!! Secara kasar bisa dibilang, mau bikin motor baru bulan depan langsung muncul aja bisa 😀
Sudah jelas sasaran yang dituju adalah Jupiter MX dan Satria, segmen yang bakalan dihancurkan oleh Honda, karena secara mesin, Honda sudah memiliki platform yang bisa dibilang universal, yaitu mesin 150cc DOHC water cooled yang sudah disematkan di dua model yang berbeda, CB150SF dan CBR150R, tinggal templok ke rangka Honda Sonic udah jadi deh!!
Kok bisa MR bilang tinggal templok?? Karena pada dasarnya, mesin Honda Sonic125 dengan mesin CB/R menggunakan platform yang sama, cuma beda di konfigurasi camshaftnya, Sonic masih SOHC, CB/R sudah DOHC. Dan banyak modifikasi Honda Sonic yang head mesinnya diganti DOHC tanpa terlalu banyak modifikasi, dan saat dulu masih memiliki Sonic 125, sebenarnya MR pingin juga merubahnya jadi DOHC, sayang dananya saat itu belum mencukupi, lumayan sih, sekitar 5 jutaan waktu itu, 4 tahun yang lalu 😀
Tinggal nunggu sebaran spyshot aja nih dari blogger kondang, apa benar pake dua platform atau ngga….stay tuned…..

MR Contact
Email : motorrioblog@gmail.com
Google+ : motorrio
You tube : motorrio rio
Other blog : bikesandcarsworld.wordpress.com

Advertisements

19 responses to “Honda K56, siapa saja yang mau dihancurkan??

  1. Judulnya serem mas 😀
    Seperti ini nih tampang Mio GT 125 blue core
    http://ferboes.com/2014/09/18/spyshoot-muka-yamaha-mio-gt-125/

    Like

  2. Hancurkan…pecahkan saja gelasnya biar ramai…. #eeh

    😀

    Like

  3. motor anyar meneh 🙂

    Like

  4. K56 ayago to handed fu
    Then super duck will busted mx king
    That’s ahm next project

    Like

  5. judulnya ganti yang mau dibakar aja kang biar lebih greget 😀

    ————————————————
    Pasang Footstep Underbone Custom
    http://rpmsuper.com/2014/09/20/pasang-footstep-underbone/

    Like

  6. wah….kalau kejadian beneran…….selanjutnya yang akan dihancurkan kelak adalah sepeda motor roda 3 yang bisa untuk ngangkut galon air….seperti viar, garuda, kaisar, Tossa…..he4

    Like

  7. pemberitaan honda kayak jokowi mau pilpres.pemberitaan suzuki dan yamaha seperti lawan nya jokowi.
    real lah pemberitaannya.berikan inform yg jelas benar,terpercaya….

    Like

    • Tahun ini berita Yamaha mendominasi lho, karena memang produknya banyak banget digelontorkan, Suzuki juga mulai banyak, tapi tetap amat terbatas beritanya.
      O iya artikel Honda K56 ini saya buat Sept 2014, jadi udah 6 bulanan yang lalu tentu beda dengan keadaan Maret 2015 CMIIW
      Kalau nanti Suzuki ada produk baru dan bisa dites ride pasti ada beritanya yang real dan jelas, karen selama ini baru Honda, Yamaha, Kawasaki yang kasih kesempatan ke MR untuk tes ride

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s