Update: Bikin bingung, Amdal Lalin Suroboyo Carnival Night Market sudah ada, tapi ditahan, ono opo iki???

image

Foto: setia1heri.com

Mazbro n mbaksis, fenomena keruwetan pembukaan Suroboyo Carnival Night Market (SCNM) semakin membingungkan. Jika sebelumnya Pemkot berencana menutup operasional SCNM, seperti yang MR kutip dari suarasurabaya.net (artikel sebelumnya) maka kabar terakhir dari detik.com, Pemkot Surabaya “hanya menyesalkan” kenekatan pihak manajemen SCNM untuk tetap melakukan operasional SCNM. Agak kontradiktif kalau kita cermati
dua kutipan dari dua instansi berikut:
Robben Kasie Manajemen Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Surabaya mengatakan sejak Kamis (25/7/2014) lalu pihaknya sudah menyampaikan surat pada manajemen Suroboyo Carnival agar menghentikan dulu operasional mereka sampai persyaratan administrasi dipenuhi. Yang urgent, kata dia, adalah penyediaan lahan parkir yang saat ini dinilai kurang dan pintu akses keluar serta masuk yang belum ada.”
(sumber: suarasurabaya.net)

“Semua izinnya lengkap mulai SKRK (Surat Keterangan Rencana Kota), IMB, izin gangguan (HO) dan tanda daftar usaha pariwisata sudah dikantongi. Cuma pengelola tidak patuhi kaidah
ketertiban umum,” ujar Kasatpol PP Kota Surabaya, Irvan Widiyanto, Rabu (30/7/2014).
Harusnya, kata Irvan, pengelola tidak menerima pengunjung lagi jika lahan parkir yang dimiliki sudah tidak bisa lagi mampu menampung kendaraan.
Operasional kita persilahkan. Cuma yang kita sesalkan, pengelola harus perhatikan kaidah ketertiban umum agar tidak mengganggu ketertiban umum seperti macet. Kalau parkir
penuh ya pengunjung harus harus distop,” ungkapnya.
Sementara Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Irvan Wahjudrajat menegaskan jika Analisa dampak lingkungan dan
lalu lintas (Amdal lalin) sudah keluar namun ditahan karena pengelola masih belum memenuhi
rekomendasi yang diberikan pihaknya.
“Sudah keluar. Tapi rekomendasi untuk
penyediaan lahan parkir yang luas belum dipenuhi,” katanya
(sumber: detik.com)

Yang bisa MR tangkap dari pernyataan ketiga pejabat tersebut adalah kurang koordinasinya antar instansi yang berwenang di Surabaya, yang berakibat kebingungan di warga Surabaya yang sudah antusias berangkat ke SCNM. Di satu sisi tetap boleh operasional, namun harus memenuhi persyaratannya (yang ternyata ada yang belum diterimakan secara administratif) namun disisi lain, jika lahan parkir penuh maka akses pengunjung harus distop!!!
MR cuma membayangkan saja jalan Kertomenanggal yang sempit itu harus dijubeli kendaraan dari para pengunjung yang sudah kadung datang ke lokasi dengan bersusah payah dan pengorbanan baik waktu, tenaga dan dana, hanya demi menunggu lokasi parkir ada yang kosong!! Iya kalo yang antri diluar cuma 10 mobil, lha kalo sampe puluhan mobil, lak macet total mazbro n mbaksis!!
Belum lagi efek domino ke jalan sekitarnya, terutama jalan A. Yani, bisa-bisa akses keluar masuk Surabaya terhenti total, karena memang jalan A. Yani merupakan jalan utama akses masuk dan keluar Surabaya-Sidoarjo.
Wes…lebih baik bagi yang tetap penasaran pingin tahu seperti apa SCNM itu dan kebetulan berencana bawa mobil, mending mobilnya ditaruh di Mall Cito dan menyeberang lewat jembatan ke lokasi. Alternatif lainnya bisa naik kendaraan umum dan berhenti di halte A Yani lalu menyeberang lewat jembatan penyeberangan. Namun perlu diingat, dari halte A Yani masih sekitar 300 meter-an jaraknya ke SCNM, lumayanlah, susahnya kalau bawa anak kecil, siap-siap gempor daaahhh!!!
MR sih mending kalo udah clear aja baru dolan kesana deh, daripada kecele udah jauh-jauh datang ke SCNM dan ternyata masih ditutup lahan parkirnya, gara-gara Amdal Lalin-nya masih ditahan.

2 responses to “Update: Bikin bingung, Amdal Lalin Suroboyo Carnival Night Market sudah ada, tapi ditahan, ono opo iki???

  1. Amdalnya aspal

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s