Yamaha R25, M1 wannabe

image

Mazbro, 2 hari yang lalu tabir sosok motor sport Yamaha 250 cc terungkap sudah di ajang Tokyo Motor Show 2013. Setelah ditunggu di ajang EICMA 2013 minggu sebelumnya tidak muncul juga, ternyata pabrikan Yamaha meluncurkannya di ajang TMS yang notabene di negaranya sendiri, Jepang, hmmmm nasionalis banget yah!! Mengusung nama Yamaha R25, motor yang masih berupa race concept ini benar-benar merupakan minatur dari motor Yamaha M1 di ajang MotoGP.

Yang paling kentara adalah air scoop yang besar di fairing depannya, yang semakin bikin penasaran, apakah di versi produksi yang akan diluncurkan pada semester 2 tahun 2014, desain air scoop ini akan dipertahankan ataukah hanya sebagai kamuflase Yamaha agar konsumennya semakin penasaran bagaimana bentuk final R25 ini.

image

image

Kalau dilihat lebih dalam untuk sisi desainnya, masih mirip dengan desain Yamaha R125, yang menurut MR racy banget, nah desain yang mirip itu terutama terlihat dibagian tangki ke belakang IMHO. MR rasa cukup logis kalau Yamaha mengambil basic desain dari R125, karena jika dibanding kompetitornya Honda CBR 250, yang lebih ke desain sport touring, maka R25 segmen Yamaha R25 lebih diarahkan untuk menantang penguasa kelas 250 cc, Kawasaki Ninja 250 Fi, yang secara desain sporty abis.

Kenapa MR bilang menantang Ninja 250? Karena secara spek sangat mirip!! Coba kita lihat spek yang paling kentara, dari sisi mesin keduanya menggunakan mesin DOHC 2 silinder, lain dengan CBR250 yang keukeuh menggunakan DOHC 1 silinder. Kalau kita lihat dari sisi rangka ketiganya sama-sama menggunakan sasis tubular yang mungkin diterapkan untuk mengurangi ongkos produksi CMIIW. Dan dari sisi desain, R25 dan Ninja 250 Fi lebih mengarah ke sport, dibanding CBR250 yang mengarah ke Sport Touring.

Dari video yang diluncurkan Yamaha, dengan bintangnya Valentino Rossi, terlihat jika suara mesin cukup racy, mungkin karena knalpot udah diganti Akrapovic yah? Dan secara ergonomi juga mengarah ke sport.

Nahhhhh, tapi wujud dan spek sebenarnya masih kita tunggu updatenya mazbro, MR berharap sih tetap mirip dengan race conceptya ini, dan semoga harganya juga diantara CBR250 dan Ninja 250 Fi, alias tidak melebihi harganya Ninja 250 Fi, just wait n see mazbro!!

image

image

image

image

2 responses to “Yamaha R25, M1 wannabe

  1. Beli .. Beli .. Belii

    Like

Leave a comment