Hargailah karya orang lain!!

image

Mazbro n mbaksis, udah kedua kalinya, sejak dibajak majalah Young Machine Jepang bulan lalu, mas joe motoblast merasa karyanya, renderan Yamaha R25, dibajak tanpa permisi. Sebenarnya masalah rendering memang agak sulit untuk dibuktikan, namun jika memang itu dibuat sendiri, pasti yang membuat tahu persis bagian mana saja yang dibajak.
Mari kita bandingkan rendering dari Motoblast dengan yang menamakan dirinya Julak ini.

image

image

Nah dari 2 gambar diatas kelihatan kalau renderannya muuiirripppp bangeeeeeet!! Lihat posisi jari-jari peleknya depan belakang sama persis, windshield daannnn spion!! Kenapa kok spion MR bold hurufnya?? Monggo dilihat lagi…

image

image

Wes katon nggih?? Walaupun gimana sempurnanya seorang pembajak pasti ada jejak yang ditinggalkan, meskipun memang yang versi terakhir sudah disesuaikan dengan copas dari foto spyshot terkini. Jangan sampai kasus CX Rider yang renderannya dibajak juga sama mbuh siapa itu MR lupa terulang lagi. Ngga ada untungnya kaleeee, malah memalukan diri sendiri.
Walaupun mas Joe juga ngga bakalan nuntut atau apa, tapi mbok ya minta ijin, atau paling ngga watermarknya jangan dihapus lah, dan diberi embel2 based on motoblast rendering kan lebih terhormat iya tho?
Mungkin saja pingin ikut ngetop dengan merender motor yang memang bikin heboh jagat otomotif Indonesia, tapi akan jauuuhhh lebih baik jika itu 120% karya sendiri, bentoel???

22 responses to “Hargailah karya orang lain!!

  1. sabar mas joe… karma does exist kok

    Like

  2. Matursuwun sedulur…wes pokoke joged..hehe..makasih partisipasi share beritanya…lgsg sya share di fp motoblast

    Like

  3. Saat etika sudah mulai pudar , lupalah itu benar apa salah .

    Like

  4. itulah manusia hehe

    Like

  5. hak cipta itu mahal 😀

    Like

  6. semoga tidak menghentikan progresivitas bro2 nsis2. memang etika dalam riset ataupun bisnis (baca integritas) diperlukan. salam kreatif

    Like

Leave a comment