Watchout!! Bahaya menghadang, pemotor harus tahu!!

Beban maksimal motormotorrio.com – Tahukan anda bahwa kendaraan roda dua tidak boleh membawa beban berlebih saat digunakan? Selain membahayakan bagi pengendara, aksi ini juga dapat menyulitkan pengendara saat akan bermanuver. Hal ini juga berpengaruh terhadap komponen kendaraan, akibatnya performa komponen tidak dapat berjalan maksimal.

Dwi Suwanto, Instruktur Service & Spare Part PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) menyampaikan masih banyak pengendara yang sering kali membawa muatan yang terlalu besar. Selain membahayakan pengemudi, membawa muatan berlebih juga bisa membahayakan keselamatan pengemudi lainnya.

“Pasti akan menyulitkan pengendara yang ingin bermanuver jika membawa muatan berlebih. Maka dari itu harus diperhatikan frekuensi beban yang dibawa, agar keselamatan berkendara tetap terjaga serta komponen dapat berfungsi dengan baik,” tambah Dwi.

Adapun Dwi menyampaikan resiko membawa muatan berlebih pada kendaraan sebagai berikut :

1. Boros Bahan Bakar

Ketika pengendara sering membawa muatan diluar kapasitas, tentu akan berpengaruh terhadap pemakaian bahan bakar. Sebab, semakin besar tenaga yang dibutuhkan oleh mesin untuk bergerak. Hal ini akan membuat bahan bakar semakin boros.

2. Mesin Akan Cepat Panas

Saat pengendara membawa beban terlalu tinggi, akan mempengaruhi putaran pada mesin kendaraan. Jika dibiarkan, mesin bisa overheat dan akan mengganggu kesehatan mesin motor anda.

3. Shockbreaker belakang berpotensi rusak

Shockbreaker menjadi komponen pertama yang terlebih dahulu menahan beban motor. Apabila shockbreaker bekerja melebihi kapasitas, dapat dipastikan komponen akan cepat aus. Sehingga motor tidak nyaman untuk dikendarai.

4. Ban jadi cepat aus

Kelebihan muatan dan kondisi jalan juga mempengaruhi kondisi ban depan dan belakang. Segera cek permukaan ban karena ban merupakan komponen paling vital yang berhadapan langsung dengan aspal.

Kalau sudah tahu akibat bawa brban berlebih saat naik motor apa tetap masih mau diteruskan? Sayang motornya kan???

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s