Honda ADV150 bukan tandingan (head to head) Yamaha NMax atau Aerox 155!!

Honda ADV150 vs Yamaha NMax motorrio.com – Baru saja dirilis kemarin (18/07) di gelaran GIIAS 2019, matic adventure keluaran Honda, ADV150 bikin heboh jagat otomotif roda dua. Bahkan sudah mulai ada yang agak ngawur dan membandingkan ADV150 dengan matic sport milik Yamaha, NMax dan Aerox!! Kenapa kok MR bilang agak ngawur, monggo disimak…

Honda ADV150 lahir dari fenomena beberapa tahun belakangan yang dilihat sebagai peluang oleh Honda, bahwa banyak bikers, terutama matic yang menginginkan adanya motor matic yang nyaman dipakai turing jarak jauh, serta bisa menghadapi kondisi jalan di Indonesia yang sebagian besar tidak mulus, dengan berbagai lubang dan bahkan non aspal, alias bisa dipakai Adventure dengan sedikit “off road”.

Sebenarnya matic jenis ini sudah ada, yaitu Yamaha X-Ride, namun sepertinya kurang memenuhi kriteria diatas, karena X-Ride lebih condong ke matic off road, dibanding adventure maupun turing. Terbukti, disaat perilisannya dilakukan test ride di pegunungan yang notabene off road beneran.

Nah, Honda ADV150 mengambil peluang ini, bisa dilihat fisik asli dari pabrik (bukan hasil modifikasi lho ya…) yang dipersenjatai ban dual purpose, yang bukan murni off road, namun tetap memiliki ground clearance sedikit lebih tinggi dari Honda PCX 150.

Sekarang kita lihat Yamaha NMax, atau bahkan Aerox 155, yang dari pabrik dipersenjatai ban dan desain untuk dipakai di jalan raya, walaupun masih mumpuni saat riding di jalanan yang kurang mulus, namun itu bukan habitatnya, bisa dilihat dari ban bawaan pabrik yang murni ban aspal, bukan dual purpose seperti ADV150. Sisi lain bisa dilihat dari ground clearance yang khas matic jalan raya, yang bahkan lebih rendah jika dibanding Honda PCX 150, padahal ADV150 memiliki ground clearance yang sedikit lebih tinggi dari PCX 150!

Dari dua poin (profil ban dan ground clearance) yang MR sebut diatas, sebenarnya sudah cukup menjelaskan kenapa kok MR bilang agak ngawur kalau membandingkan antara Yamaha NMax dengan Honda ADV150, karena mbrojol dari pabrik aja desain dan peruntukan segmennya sudah berbeda. Jangan dibandingkan kalau sudah dimodifikasi ya, karena kalau ngomong modifikasi, mau aslinya motor segmen apa, selalu bisa dijadikan jenis yang totally different dengan aslinya!!

Advertisements

5 responses to “Honda ADV150 bukan tandingan (head to head) Yamaha NMax atau Aerox 155!!

  1. Penonton tinggal nonton n bersorak , min makin banyak pilihan konsumen; miga3x purna jual AHM makin baek klw tdk dpt dikatakan mirip kawaksaiki😆

    Like

  2. aerox mah kena cipratan genangan air aja suka error dan mati gimana mau diajak adventure….?

    Like

  3. Maksudnya membandingkan itu calon konsumen yang sejatinya ingin beli matic 150cc macam nmax,aerox,ataupun pcx,bisa beralih menjadi membeli adv. So,penjualan matic segmen lainpun akhirnya bisa terdampak. Mungkin itu maksudnya.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s