Akhirnya mimpi itu hampir nyata, Indonesia jadi host MotoGP mulai 2021, siapkan tabunganmu!!

Indonesia host MotoGP 2021motorrio.com – Yeeaayy…!!! Setelah sempat jadi PHP selama bertahun-tahun, akhirnya mimpi itu hampir nyata, Indonesia dipastikan menggelar MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat selama tiga tahun, mulai 2021!!

Abdulbar M. Mansoer selaku Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengatakan pihaknya telah menandatangani Promoter’s Agreement dengan Dorna Sport SL untuk menjadi tuan rumah balap MotoGP di 2021.

“Bukan sirkuit tertutup yang akan kami bangun, tapi Street Race Circuit seperti di Singapura dan Monaco. Indonesia menjadi venue ke-21, rangkaian balap MotoGP dalam setahun, dan satu-satunya yang berkonsep Street Race Circuit. Sebelumnya, kami berkompetisi dengan calon penyelenggara dari Brasil,” kata Abdulbar kepada CNNIndonesia.com pada Rabu (20/2).
“Kami mempunyai kepastian untuk menggelar pada 2021 di Indonesia, karena kami satu-satunya yang sudah tandatangan Promotor’s Agremeent dengan Dorna Sport SL” katanya menambahkan.

Desain Sirkuit Street Racing

Sirkuit Mandalika NTB bakal menganut konsep lain dari 20 sirkuit MotoGP yang ada. Jika sirkuit lain murni berupa sirkuit khusus untuk balapan saja, Sirkuit Mandalika bakalan mirip dengan Sirkuit Singapura, yang berdiri diatas jalanan umum kota Singapura. Sirkuit ini bakal memiliki lintasan sepanjang 4,59 kilometer dengan 18 tikungan serta temporary stands yang mampu menampung 20 ribu pengunjung.

Uniknya lagi, tiap tikungan dirancang bakal memiliki view 360 derajat ke lintasan, artinya dimanapun kita duduk bisa melihat ke lintasan dengan leluasa, ngga terbatas seperti saat ini.

Kapan pembangunan sirkuit dimulai?

Direncanakan pada Oktober 2019, sirkuit sudah mulai digarap, dengan estimasi biaya antara 40-50 juta dolar (sekitar Rp562-702 miliar). Proses pengerjaan yang dilakukan oleh ITDC hanya membangun jalan dasar dan kawasan, sedangkan Street Circuit, Paddock dan perangkat balap lainnya oleh Vinci sebagai co-investor

ITDC bekerja sama dengan Vinci Construction and Grand Projets, perusahaan infrastruktur global asal Prancis untuk membangun sirkuit di Mandalika diatas tanah negara yang dikelola ITDC, dan direncanakan 2020 sudah kelar, karena perlu direview lagi kelayakan dan kekurangan yang masih harus diperbaiki.

Dan antara 2020-2021 sebelum MotoGP digelar, bakal ada tes dari Dorna dan rangkaian balap yang dilaksanakan untuk melihat persiapan yang sudah dilakukan.

Mulai sekarang nabung yuk!! Kita lihat bareng ke Mandalika pada 2021!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s