Daily ride Honda PCX 150 2018, haujek!!



Daily ride Honda PCX 150 2018, haujek – motorrio.com – Impresi mendalam matic premium terbaru Honda, PCX 150 2018,  membuat MR gatal untuk segera mencobanya halan-halan. Ga pake lama langsung menduduki jok lebar bin lega yang mengundang untuk segera diduduki. Dan benar saja, jok Honda PCX 150 2018 ini memang cukup nyaman, bisa menopang tubuh secara nyaman walaupun busa joknya masih khas Honda walau sudah lebih empuk.

Mesin 150cc generasi baru lebih halus!

Safety riding dunk, riding gear kudu lengkap😀

Jaket sudah, helm sudah, eits….sarung tangan jangan lupa, Safety Riding bin menambah kegantengan lho, suer!! Langsung pencet tombol starter, dan…..senyap, eh….mesinnya udah menyala, ngga terasa! Memang mesinnya terasa halus banget, baik saat pertamakali dinyalakan, saat berjalan, bahkan saat Idling Stop System (ISS) diaktifkan, karena mesin mari dan nyala lagi saat ditarik tuas gasnya.Oh iya bagi yang belum paham, ISS adalah sistem pengapian yang otomatis mematikan mesin saat motor berhenti tidak bergerak selama sekitar 10 detik, dan saat grip gas diputar, mesin langsung menyala lagi, sehingga diharapkan bisa lebih irit pemakaian bahan bakarnya. 
Ok saatnya riding, tuas gas termasuk enteng, dan ketika dibejek mendadak cukup bertenaga, walaupun jika dibandingkan dengan Yamaha NMax masih terasa lebih lambat, namun MR rasa itu wajar, wong beda yang disasar, kalau PCX lebih ke yang suka kenyamanan dan kemewahan, kalau NMax lebih ke rider yang suka kecepatan.

Handling nyaman walaupun berbodi besar

Handling, amazingnya amat nyaman, mau diajak bermanuver di jalanan macet masih bisa meliuk-liuk dengan bebas, asal lebar jalan masih mencukupi, maklum bodi yang lebih lebar dari matic biasa perlu penyesuaian supaya ngga kagok. Bakal terasa berat, jika kena traffic yang lebih banyak macetnya daripada lowongnya. 

Untuk suspensi belakang terasa cukup stiff, jika dinaiki sendirian, dengan bobot MR yang 83 kg. Berbeda saat berboncengan dengan istri yang berbobot 46 kg, jadi lebih nyaman, tak sekeras saat sendirian. Namun kelebihan suspensi yang lebih stiff ada saat MR bermanuver, lebih terkendali dan suspensi tidak bergerak liar karena terlalu empuk.

Footstep ala sayap ini wajib ditekuk, selain estetika juga unsur safety

Jok terasa cukup empuk, untuk rider demikian juga dibelakang untuk boncenger, walaupun tetap harus sesekali berhenti agar bisa lebih nyaman setelah digeber beberapa jam. Footstep belakang yang saat dibuka mirip sirip, bikin kaki menapak sempurna, lebih nyaman. Namun hati-hati, karena footstep belakang yang berbentuk seperti sayap, maka saat tidak ada boncenger lebih baik dilipat saja, karena bisa membahayakan jika misal kaki tertabrak footstep belakang, bakalan cenut-cenut tuh!
Walau kapasitas 150cc dan bodi besar tapi irit

Saat dipakai jalan-jalan, konsumsi rata-rata 46an km/liter dengan speed santai di jalanan kota Surabaya

Setelah MR ajak jalan-jalan bersama istri keliling Surabaya dari siang sampai sore hari, konsumsi bbm cukup irit juga, bisa mencapai 46 km/ liter via MID di dashboard dengan posisi ISS dinyalakan. Padahal posisi PCX diajak halan-halan di lalu lintas kota Surabaya yang stop and go, so kalo menurut MR cukup irit. Dan menurut rekan-rekan Jatimotoblog yang sempat menjajal di jalanan antar kota bisa mencapai diatas 50 km/ l via MID. 

Posisi saat dikembalikan ke MPM, masih 46an km/liter, irit juga nih!

So….dari daily ride bersama PCX ini, MR boleh ambil kesimpulan kalau ini motor cocok buat harian apalagi buat turing, selain irit cukup nyaman apalagi dipakai berboncengan. Kalau masalah suspensi, bisa diganti dengan produk aftermarket yang lebih enpuk, walaupun konsekuensinya handling bakal tak serigid suspensi asli, tergantung selera…… 

Advertisements

4 responses to “Daily ride Honda PCX 150 2018, haujek!!

  1. wah, berarti suspensi belakang kurang bersahabat ya mas?

    Liked by 1 person

  2. buset aku paling mentok cuman 42,3 km per liter… 😆

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s