Nih Honda Tiger Injeksi, ada di Unsuri Surabaya supervised by HKU Motorsport!

Ubah motor karbu jadi injeksi – motorrio.com – Perkembangan teknologi khususnya di dunia otomotif amat pesat beberapa belakangan ini yang mengakibatkan teknologi era 90-an mulai tergusur. Contoh paling mudah adalah teknologi pengabutan bahan bakar yang dulunya menggunakan karburator sekarang hampir 100% menggunakan injeksi. 

Hermanu ST. MT., (paling kanan) bersama mahasiswa Unsuri Surabaya beserta karya mereka, Honda Tiger injeksi

Hermanu ST. MT., selaku dosen sekaligus Kepala Laboratorium Teknik Mesin Universitas Sunan Giri Surabaya (Unsuri) bersama beberapa mahasiswanya mencoba menerapkan ilmu di bangku kuliah dengan dunia nyata dengan mengubah peranti pengabutan karburator pada Honda Tiger menjadi injeksi. Oh iya, Hermanu ST. MT., adalah owner dari HKU Motorsport yang dulu workshopnya ada disekitaran Jambangan Surabaya.

“Saya menekankan pada para mahasiswa di Unsuri, bahwa teori di meja kuliah harus bisa diterapkan di kondisi sebenarnya di masyarakat, sehingga bisa menjadi penggerak bagi lingkungan sekitarnya, dengan membuka bengkel misalnya, yang bakal lebih memiliki manfaat secara langsung”, terang Hermanu.

Proses modifikasi

Parts yang dipakai (dari kiri ke kanan) fuelpump, ECU Juken 5, injektor Honda CB150R

Menggunakan, injektor, fuel pump dari Honda CB150R, ECU BRT Juken 5, Hermanu dan para mahasiswanya berhasil menerapkan parts milik CB150R di Honda Tiger merah milik konsumen dari Purwokerto. Dengan pengerjaan sekitar dua minggu, dan dana kurang lebih empat juta rupiah, sistem injeksi Honda CB150R sukses beroperasi di tubuh Honda Tiger. 

Penempatan fuelpump diluar tangki, supaya tak merusak tangki bahan bakar

Yang unik adalah keputusan Hermanu dan tim dalam penempatan fuelpump. Lazimnya fuelpump berada didalam tangki bahan bakar, namun kali ini fuelpump diletakkan diruang dibawah jok yang aslinya adalah ruang filter udara, dengan alasan agar tidak perlu merombak tangki yang sudah direkondisi sang pemilik. Karena penempatan yang pas, jadinya ngga terlalu mengganggu secara estetika, karena juga bakalan tertutup oleh bodi samping sang Macan.

Hasil modifikasi magnet Honda Tiger agar sesuai dengan sistem injeksi

Satu hal yang amat krusial dalam proses modifikasi ini adalah modifikasi pada magnet bawaan Tiger, yang diberi tonjolan sensor yang disesuaikan dengan wujud asli magnet milik Honda CB150R, baik jumlah, tempat maupun derajatnya, supaya bisa berfungsi layaknya magnet pada motor injeksi, keren yak! Selain itu dilakukan oversize 150 pada piston sehingga kapasitas mesin bengkak menjadi 215cc dan kompresi sekitar 10,5:1.
Pada saat testride jalan disekitaran lab, sang Macan hampir tak ada kendala, mungkin hanya perlu setting ulang sedikit saja supaya bisa langsam lebih sempurna, masih bisa dipahami, lha wong namanya riset. 

Hasil modifikasi ECU KTM 450

Tapi untuk kreatifitas dan inovasi bisa dikata ini selangkah lebih maju, karena saat MR ke lokasi, nangkring satu motor Supermoto, KTM 450 yang ECU nya mati total, dan jika diorderkan penggantinya bakal lama dan mahal. Akhirnya setelah diutak atik dengan parts lokal, sudah bisa jalan dan tidak ada masalah, jempol banget nih!

KTM 450 sudah sehat dan siap mengaspal

Bagi yang penasaran bisa langsung sambangi ke Unsuri Surabaya di Lab Teknik Mesin (spesialis Injeksi) di Jl. Brigjend Katamso 2, Waru Surabaya 081230095466, (sms/wa)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s