World Premiere Datsun CROSS, crossover pertama Datsun, harga mulai 163 juta

World Premiere Datsun CROSS – motorrio.com – Sesuai teaser Datsun yang memilih tanggal 18-01-18 sebagai hari World Premiere Datsun CROSS, kemarin Datsun CROSS menampakkan sosok sebenarnya. Dari sisi eksterior bisa dikata 90%  mirip dengan versi prototype yang dipajang di GIIAS 2016 lalu, dan dari sisi interior masih menyisakan jejak Datsun GO Panca sebagai basisnya.

Eksterior

Tampilan luar dari Datsun CROSS amat atraktif, dengan headlamp Projector yang dipermanis dengan LED signature yang bisa menyala saat kondisi gelap secara otomatis (auto light) dan dilengkapi foglamp sebagai kelengkapan standar.

Pada sisi atap, Datsun CROSS sudah memiliki Roofrack yang bisa menahan beban maksimal 30kg, selain menambah kesan gagah, juga fungsional sebagai tambahan tempat barang bawaan yang disebabkan bagasi yang hampir tidak ada jika semua tempat duduknya terisi penuh, yang akan MR bahas di Interior. 

Ban 15 inch sudah jadi standar dengan ukuran 175/55 – 15 yang lebih lebar dan besar dari standar ban milik Datsun GO Panca milik MR, selain menambah gagah juga lebih aman dan nyaman, karena lebih lebar dan tebal.

Di bagian bodi bawah mobil sudah dilengkapi “Stylish Under Protector” yang selain membuat tampilan ala crossover juga melindungi bodi mobil dari hantaman benda-benda di jalan.

Saat melihat ke bagian belakang, kental sekali garis desain Datsun GO, mulai dari stoplamp, kaca belakang, sampai pintu bagasi belakang. Tambahan yang signifikan adalah adanya wiper belakang, lubang anak kunci untuk membuka pintu bagasi (yang tidak ada di seri GO dan GO Panca) dan bemper belakang yang stylish. 
Interior 

Dashboard Datsun CROSS juga masih menyisakan gurat desain Datsun GO series, yang tampak kentara pada speedometer dan posisi tuas persenelingnya. Untuk bangku juga demikian, 3 row dengan kombinasi 5+2, dimana row paling belakang lebih ke fungsi bagasi saja, sedangkan jika terpaksa digunakan duduk, orang dewasa berpostur 170cm keatas bakalan tidak merasa nyaman.
Transmisi


Pada Datsun CROSS, diberi dua pilihan transmisi, manual dan otomatis CVT, yang berbeda baik dari sisi spesifikasi mesin maupun harga jual.
Mesin

Masih setia dengan pilihan 1200cc 3 silinder, yang serupa dengan mesin Nissan March, Datsun GO series, namun ada perbedaan getaran lebih minim dan output tenaga yang berbeda, 68hp untuk manual dan 78hp untuk versi CVT. 
Fitur

Datsun CROSS yang tidak masuk segmen LCGC, seolah melompat jauh dalam hal fitur dibanding GO series yang merupakan mobil LCGC,  yaitu electric mitror, ABS (Antilock Braking System) , EBD-BA (Electronic Brake Diatribution with Brake Assist), Dual SRS airbag, yang biasanya semua berada di mobil yang berharga lebih mahal.

Untuk entertainment, tersedia headunit 6,75 inch touchscreen yang dilengkapi Bluetooth, USB, AUX dan Smartphone Connection plus kabin yang lebih senyap.
Harga 

Estimasi harga Datsun CROSS bakal dilepas di kisaran 163 juta untuk versi manual dan 175 juta untuk versi CVT, OTR Jakarta. Namun harga pastinya bakal diumumkan pada Maret 2018.

Dengan semua fitur dan perbaikan disana sini, Datsun berharap produk barunya, CROSS, bakal mendulang sukses seperti model sebelumnya, namun masih perlu pengembangan dan inovasi terus menerus agar tak sekedar booming di awal namun melempem setelah dua tiga tahun hadir.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s