Tes ride: Vespa Primavera 150 3V ie

image

Mazbro n mbaksis, pangsa pasar motor hobi sekarang semakin membesar seiring dengan peningkatan pendapatan masyarat Indonesia. Kalau MR perhatikan, dan mungkin juga mazbro n mbaksis juga perhatikan, semakin banyak motor berharga diatas 30 jutaan;
yang notabene bukan motor murah bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, termasuk MR; yang bersliweran dijalanan Surabaya. Paling banyak ya Ninja 250, CBR 150/250 R, yang harganya diatas 40 juta sampai 60 jutaan.

image

Nah selain motor sport, naked, touring yang dijual secara resmi disini, ada satu segmen yang punya fans amat fanatik, yaitu Vespa!! Yup, nama Vespa sangat melegenda di bumi Indonesia, bahkan mungkin dunia. Karena varian dari merk Piaggio ini pernah dijual secara resmi di Indonesia, walaupun pernah menghilang di medio tahun 2000 an dan mulai muncul lagi di era 2010 an CMIIW.

image

Jika dulu Vespa terkenal dengan mesin 2 tak 150 cc yang berisik dan polutif plus posisi mesin berada di samping, sehingga distribusi bobot kurang seimbang, maka Vespa series yang terbaru ini sudah 4 tak, injeksi dengan posisi mesin di tengah, seakan mencoba menghapus kekurangannya di masa lalu.
Kali ini yang MR coba adalah varian Primavera, dengan mesin 150 cc 4 tak, single silinder dengan 3 klep injeksi. Terima kasih banyak buat mas Wahid dari Piaggio Surabaya yang sudah memperbolehkan tes ride walaupun hanya sebentar saja, coba kalo misalnya boleh dipinjem sehari, pasti lebih detail untuk impresinya, siapa tahu dibolehkan 🙂
Kita lanjut ke sesi tes ride, ya!

First Impression

image

Pertamakali MR melihat si Prim ini, seakan de javu melihat Vespa PX 150 jadoel. Gimana ngga mazbro, wong bodi sama-sama pakai plat baja utuh, lampu depan bulat, dek, pijakan kaki, semua mirip, tentunya dengan modernisasi sesuai jaman sekarang.

image

Yang paling mencolok adalah di dek depan bagian luar, lampu kota sudah menganut LED, sehingga lebih terang namun irit konsumsi listriknya. Sayangnya, lsama seperti lampu sein depan, lampu sein belakang masih memakai bohlam biasa, demikian juga dengan lampu remnya.

Fitur

image

Di sisi ini, Piaggio memanjakan konsumen dengan teknologi tertinggi, contohnya panel spidometer, sudah digital dan dilengkapi dengan LCD yang menampilkan bahan bakar, trip meter dan jarak tempuh total. Di dek depan bagian dalam, ada semacam glovebox yang integrated dengan dek, sehingga lebih manis, jika dibanding dengan glovebox kotak milik PX 150 jadoel.

image

Juga ada bagasi dibawah jok dengan kapasitas 16,6 liter yang sanggup menelan satu helm full face, wooww legaaaa!!
Satu fitur lagi adalah kunci immobilizer sehingga jika motor diembat maling, tinggal aktifkan saja melalui kunci masternya udah, dijamin mesin motor langsung mati dan ga bakalan bisa dinyalakan kecuali menggunakan kunci aslinya.

Engine

image

Dibekali mesin teknologi terkini 150 cc dengan 3 valve, fuel injection, Prim sanggup menelorkan tenaga 9,5 kW pada 7750 rpm dan torsi 12,8 Nm pada 6500 rpm. Sudah cukuplah untuk jalan-jalan kota maupun turing.

Riding impression

image

Nah….ini yang paling MR tunggu, coba duduk di joknya……nyamaannn bangeeeeeet!! Selain karena dilapisi kulit asli kualitas tinggi, juga karena joknya yang lebar, jadi lega n ga capek buat jalan jauh, demikian juga dengan jok pembonceng yang cukup nyaman dan lebar.
Putar kunci kontak ke posisi on, panel spidometer langsung menyala demikian juga dengan layar LCD. Pencet tombol start, suaranya hampir tak terdengar, halusss…. Bedanya dengan Vespa PX, mesinnya sudah full automatic, menggunakan mesin CVT yang tanpa pergantian gigi. So, tuas di setang kiri adalah tuas rem ya, bukan tuas kopling plus ganti gigi. Coba tarik tuas gas, hmmmm responsif juga, kalo ngga hati-hati bisa kejengkang mazbro, cukup bertenaga!! Cocok deh buat karakter jalan Surabaya yabg stop n go. Sokbreaker depan dan belakang cukup empuk. Daya pengereman cukup pakem, dengan single disk di depan dan teromol di belakang. Setelah menempuh jarak hanya sekitar 200 m-an, MR belum bisa mengeksplore lebih dalam. Secara umum cukup memberi kesan impresif, jadi jauh lebih nyaman, aman, dan punya teknologi terkini dibanding model PX150 jadoel.

image

Bagi mazbro n mbaksis yang pingin tau harga, bonus yang bisa didapat, atau bahkan sesi tes ride, monggo menghubungi mas Wahid di nomer hp 085731995595 dan pin BB 234C33CD,. jangan lupa bilang kalau tahu infonya dari MR di motorrio.com, siapa tahu bisa dapet diskon ato bonus lainnya 😀

Advertisements

7 responses to “Tes ride: Vespa Primavera 150 3V ie

  1. wah aku kelewat artikel ini, shock depannya keras, ganti minimal YSS baru muantep…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s