Yamaha R15 batal launching V2?? Yang dilaunching disini yang V3???

image

Mazbro n mbaksis, penantian panjang para calon peminang Yamaha R15 sepertinya akan semakin panjang. Kenapa? Karena sampai saat ini pun belum ada bocoran pasti dari internal Yamaha mengenai kapan dilaunching nya R15 ini. Bahkan

rumor terakhir malah membikin kita bingung, karena R25 dirumorkan malah akan launching duluan!!! Nah loh, iki piye karepe??
Kalo MR coba untuk dianalisa koplak, kemungkinan besar alasan YMKI menunda launching R15, karena berita terakhir dari India, yang merupakan kampung halamannya R15, akan ada launching Yamaha R15 V3 (di India kodenya 2FB1) pada sekitar bulan AprilΒ  2014 nanti. Mungkin, YMKI menghendaki R15 yang diluncurkan disini nantinya adalah versi terbaru dari R15, yang tentunya akan mengadopsi teknologi terbaru Yamaha. Secara fisik memang hampir tidak ada perbedaan, karena menurut Yamaha sasis dan model sudah superior (katanya lhoooo….) perubahan hanya pada pilihan warna dan stripping aja, plus kaliper depan belakang warna gold.

image

Nah…kalo jeroannya nih yang banyak perubahannya, sehingga powernya diklaim naik 1 PS dari versi sebelumnya yang hanya 17 PS. Berikut list jeroan yang di perbarui :
– O2 sensor, FID (fast idle mechanism)
– New fuel pump
– Crank angle sensor and cam sensor
– Intake air pressure sensor, intake air temperature sensor and throttle position sensor
– Second generation FI system with new 6 hole injector and injector assembly
– Newly designed ECU
– New canister air vent to improve combustion and emissions, has new bracket under the airbox
– Changes made to the DiaSil cylinder head
– Cylinder head cover is new
– Coolant reservoir has a new design
– AIS system has been shown the bin (the same system exists on the FZ till now)
– Automatic decompression
– New throttle bodies
– Shorter throttle cables (both of them)
– Catalyser size has gone from 45 mm to 53.5 mm
– 2 stage type exhaust (for reference, Dukes have 3 stage)
– CR9E spark plug instead of CR8E
– New single phase AC Magnet and RR unit
– New Rotor assembly
– Sealed type fuel tank cap
– Fuel tank rollover valve
– New circuit added in the LCD speedometer assembly (average and current fuel consumption meters could come up on the meter)
– Bigger footrest plates
– New side stand
– New windscreen
Naaahhhh…..udah keliatan kalo perubahan jeroan cukup signifikan, walaupun secara tampilan fisik ga berbeda. Tinggal tunggu aja deh, beneran ngga YMKI jadi ngeluarin V3, atau masih V2, tapi kalo masih V2 ya agak gimana…gitu, mosok satu korps kok  ngga ada komunikasi yang baik, supaya semua konsumennya bisa menerima versi terkini di semua negara, apalagi pada tahun yang sama pula!!

Sumber : motorbeam , motoroids

24 responses to “Yamaha R15 batal launching V2?? Yang dilaunching disini yang V3???

  1. wow di sini hajar terus juga nih

    Like

  2. Pingback: Update: R15 V3 new color scheme….(agak curiga nih!! ) | motorrio

  3. pastinya v3, karena akan di adu di indoprix

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s