Honda Vario 125, lebih nyaman dari Honda Vario 160??

Honda Vario 125motorrio.com – Varian terbaru dari Honda Vario 125 yang baru saja rilis di Surabaya pada Kamis 06 Oktober 2022 memang terlihat “sama saja” dengan varian sebelumnya, bahkan bisa dikata hanya minor facelift. Terlihat sekilas 90% sama dengan Vario 125 edisi sebelumnya, dan di benak MR terlintas “halah…paling podo wae wong ga ono sing berubah!” Tapi pikiran itu seketika hilang saat MR diberi unit tes ride Vario 125 oleh MPM selama dua hari.

Desain bodi

Seperti MR tulis diatas, hampir 90% desain motor ini masih sama dengan versi sebelumnya, hanya ada perbedaan lubang variasi di sisi samping depan – yang memang bolong, tapi entah fungsinya untuk apa – dan adanya tutup glove box kiri depan yang amat berguna, dan bahkan di Vario 150 yang memiliki desain sama malah belum ada. Namun diberikan fasilitas ini di gen selanjutnya, Vario 160, glove box bagian kiri juga sudah dilengkapi penutup, sehingga handphone bisa terlindung saat dicharge.

Riding position sporty

Saat pertama ambil unit di Sedati bareng istri dan riding, MR kaget ketika merasakan posisi ridingnya yang sporty, mengingatkan MR ke matic pertama MR yang masih setia ada dirumah, Yamaha Xeon 125. Dengan tinggi 178 cm, posisi riding berasa lebih rendah, lebih sporty bahkan dibanding kakaknya, Vario 160.

Jok juga terasa empuk, sudah tidak terlalu keras seperti jok motor Honda yang terkenal keras, namun MR kurang suka dengan area depan jok yang desainnya terlalu lebar, sehingga saat berhenti kaki jadi terpaksa terbuka lebar alias mengangkang, mirip dengan jok ADV150, sebelum dirampingkan di versi ADV160 yang jadi lebih nyaman di desain bagian depannya.

Mesin 125cc eSP

Mesin generasi eSP yang dicangkokkan di Vario 125 jangan dibandingkan dengan Vario 160 ya!! Karena kalau Vario 160 jauh lebih bertenaga, jadi Vario 125 terasa sedikit kurang gercep ketika digas mendadak, tapi tetap cukup mumpuni untuk stop n go di kemacetan Surabaya. Top speed dengan bobot MR yang 90kg dan tinggi 178cm hanya bisa meraih 94 kpj dengan waktu sekitar 24 detik mulai dari berhenti. Cukup lama sih, tapi untuk ukuran motor 125 cc sudah cukuplah.

Overall kalau MR nilai, Vario 125 lebih nyaman dibandingkan dengan Vario 160, terutama dari segi keempukan suspensi depan dan posisi riding yang sporty, walaupu kalau menurut Ryu anak MR waktu dibonceng, suspensi belakang masih terasa keras, masih worth it lah!!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s