Apa sih Diplopia, cedera yang dialami Marc Marquez??

Marc Marquezmotorrio.com – Setelah mengalami kecelakaan hebat di Mandalika yang berujung pada kambuhnya diplopia yang diderita Marc Marquez, merebak kembali rumor bahwa Marc Marquez lebih baik pensiun dini sebelum terlambat!! Wiihh kok ngeri banget kayanya yak???

Diplopia adalah gangguan penglihatan yang dialami seseorang, sehingga melihat dua bayangan dari satu obyek yang sama, biasa disebut juga sebagai penglihatan ganda. Gampangnya, satu obyek kelihatan jadi dua, padahal cuma ada satu saja. Kalau pingin coba gimana rasanya, coba tarik kelopak mata di salah satu mata keatas, nanti obyeknya bakalan kelihatan jadi dua.

Bayangin kalau itu dialami oleh pembalap yang butuh penglihatan dengan akurasi tinggi, so pasti bakalan bikin pusing dan bingung, plus amat sangat berbahaya, untuk dirinya dan pembalap lain di sirkuit yang sama.

Penyebab diplopia jangka oendek ternyata ngga cuma karena kecelakaan yang menyebabkan benturan hebat di kepala saja, tapi ada beberapa penyebab lain, meminum alkohol terlalu banyak (dengan kata lain mabuk), kelelahan ekstrem, dan salah resep kacamata juga bisa jadi penyebabnya.

Sedangkan diplopia karena penyakit bisa diakibatkan Stroke, cedera otak, tumor otak, pembengkakan otak, atau aneurisme otak. Iregularitas kornea, mata kering, katarak, bedah refraktif, palsi saraf kranial juga bisa jadi penyebabnya.

Hmm…. kalau menurut MR sih, lebih baik Marc Marquez mempertimbangkan kondisi kesehatannya saat ini, utamanya setelah rangkaian kecelakaan fatal yanh dialami dalam kurun beberap tahun terakhir. Kalau cedera fisik masih bisalah untuk diperbaiki, lain ceritanya kalau sudah mengalami cedera saraf, apalagi mata, jangan sampai terlambat, karena bagi semua orang, apalagi pembalap mata adalah organ yang amat vital!!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s