60 tahun yang panjang bagi Honda untuk raih 300 kemenangan!!

60 tahun yang panjang bagi Honda untuk raih 300 kemenanganmotorrio.com – Tidak banyak yang tahu kalau 60 tahun yang lalu, Soichiro Honda bersama tim kecil Honda untuk pertama kalinya berlaga di kelas 125cc kejuaraan Isle of Man, dan berhasil meraih Team Prize saat itu.

Dan bersamaan dengan kemenangan ke 47 Marquez di Le Mans, sat itu juga Honda meraih prestasi mengagumkan, 300 kemenangan di kelas premier ajang balap motor. Setelah meraih banyak kmenangan di kelasyang lebih kecil,maka Honda memutuskan untuk terjun diajang GP500 pada 1966 melawan MV Agusta yang perkasa bersama sang rider Giacomo Agostini.

Kemenangan Honda pertama diraih oleh Jim Redman pada 1966, di Hockenheim, selanjutnya di Assen. Namun sayang, Jim Redman mengalami kecelakaan, sehingga kemenangan selanjutnya diteruskan oleh Mike Hailwood, rekan setimnya. Di akhir musim, Hailwood dan Agostini meraih poin sama, tapi juara dunia tetap jatuh ke tangan Agostini.

Untuk era selanjutnya, di kelas 500cc 2 tak, 800 da 990cc 4 tak, Honda semakin menambah jumlah kemenangan Honda di kelas premier. Mick Doohan, Vlentino Rossi, Casey Stoner, dan Marc Marquez (yang kebetulan semuanya di Repsol Honda Team, tim pabrikan utama Honda sejak era Doohan sampai saat ini) adalah nama-nama rider yang berjasa menambah pundi-pundi jumlah kemenangan Honda, sampai Honda bisa dkata sebagai salah satu tim tersukses di era modern balap motor kelas premier sampai saat ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s