First showing Kawasaki Ninja 250 Fi Smart Key, Three Keys to enter The Ninja World!

Kawasaki Ninja 250Fi Smart Key, pioneer di sport 250ccmotorrio.com – Pada First Showing Kawasaki Ninja 250 Smart Key di PT. Surapita Unitrans Jemursari Sabtu (02/02) lalu, Kawasaki kembali jadi pioneer di kelas 250cc, setelah di awal kehadirannya, Ninja 250 jadi pioneer dengan mesin twin 250cc. Kali ini Kawasaki menerapkan teknologi Smart Key di Ninja 250 Fi yang merupakan pertamakali di kelas sport 250cc. Sebenarnya teknologi Smart Key sudah mulai jamak diterapkan, mulai dari matic, sport 150cc maupun matic premium, namun untuk sport 250cc, Kawasaki Ninja 250 Fi yang pertama.

Three Keys to enter the Ninja World!!

Agak lebay memang sub judulnya, tapi memang kunci yang disediakan oleh Kawasaki ada tiga macam, yaitu Modul master key dan Reguler Key, sesuai pada saat dijelaskan oleh pihak Kawasaki.

Modul, berbentuk kotak persegi berwarna hitam, yang ukurannya cukup besar, ya mirip dengan korek api ZIPPO lah, cuma lebih tebal. Nah, kalau menggunakan untuk menyalakan motor lebih gampang, ngga perlu menempelkan modul ke bagian smart key, tapi cukup dikantongi saja, sudah cukup untuk mengaktifkan sistem KIPASS dan menyalakan motor. Oiya, didalam modul ada kunci fisik kecil untuk membuka tangki dan jok belakang, jadi ga perlu bawa kunci lainnya, cukup modul saja.

Master key, bentuknya seperti kunci kontak biasa, namun kepala kuncinya berwarna krem, yang didalamnya tertanam chip seperti yang ada di modul, namun bedanya saat akan menyalakan motor perlu menempelkan kepala kuncinya ke bagian depan smart key.

Reguler Key, alias kunci kontak biasa, hanya berupa kunci kontak seperti pada umumnya, yang hanya bisa digunakan untuk membuka tangki bensin dan jok belakang.

KIPASS, apaan sih itu?

Di lokasi kunci Smart Key, ada tulisan KIPASS, yang pastinya bukan kipas buat mendinginkan badan kalau lagi panas ya 🤣 tapi KIPASS singkatan dari fitur Kawasaki’s Intelligent Proximity Activation Start System (KIPASS), dimana pengendara dapat mengaktifkan saklar motor dan kunci kemudi dengan menggunakan Smart Key, berbentuk key FOB, yang kompak (immobilizer portable). Sebelumnya, sistem KIPASS ini telah ada di Kawasaki 1400GTR/Concours 14. Ketika Smart Key mendekati motor, FOB Smart Key akan mengirimkan sinyal kepada KIPASS ECU, dari KIPASS ECU sinyal dikirimkan lagi kepada ignition switch, sehingga saklar dapat diputar ke mode on, dan motor dapat menyala. Cukup meletakan Smart Key pada kantong jaket atau celana, motor dapat menyala. Pengendara tidak perlu menempelkan dan melepas kunci secara manual untuk mengoperasikan sakelar utama Ninja 250.

Perbedaan antara Kawasaki Ninja 250 non Smart Key??

Secara fisik tidak ada perbedaan berarti, namun kalau dilihat detail bakalan terlihat. Yang sempat MR pantau secara fisik ada dua, yaitu:

1. Visor standar smoke dan tinggi, yang biasanya ada di versi ABS SE pada Ninja non Smart Key, menjadi peranti standar di Ninja 250 Smart Key.

2. Charger gadget di sebelah kiri dashboard, yang juga di versi non Smart Key hanya ada di versi diatas standard, kali ini semua varian Ninja Smart Key dipersenjatai charger, jadi ga khawatir kehabisan daya untuk gadget rider.

Secara impresi, bakalan lebih memudahkan kalau menggunakan Smart Key dan lebih aman, bagaimana menurut mazbro n mbaksis?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s