Jajal Suzuki Thunder GSX-250, impian era 2000an yang jadi nyata!

Jajal Suzuki Thunder GSX-250motorrio.com – Motor legend nih! Kata-kata itulah yang pertamakali hinggap di benak MR saat diberitahu oleh Cak Awang – teman kerja MR yang maniak motor Suzuki – kalau dia baru saja meremajakan motor yang baru dibelinya, seekor Suzuki Thunder GSX-250 dan mempersilahkan MR untuk menjajalnya di akhir pekan yang lalu. Seperti impian yang jadi nyata, karena jaman muda – kuliah semester akhir- dulu pingin banget punya motor, dan alhamdulillah terkabul, walaupun cuma brosurnya waktu itu 😁

Completly Build Up from Japan

Motor yang didatangkan secara CBU ini memang jadi impian bikers di eranya. Bayangkan saja, kapasitas 250cc, sudah disematkan teknologi TSCC (Twin Swirl Combustion Camber), ban lebar di belakang, posisi duduk touring banget yang so pasti nyaman, dan khas Suzuki joknya empuk sehingga kala dipakai jalan jauh ngga capek.

Motor lansiran 2001 ini dalam kondisi yang lumayan perfect, tentunya setelah direpaint tangki dan bodinya oleh Cak Awang, dan beberapa perbaikan supaya kondisinya fit kala diajak jalan-jalan, maklum umur yang sudah hampir 20 tahun tentu perlu perhatian lebih.

Posisi riding

Seperti MR sebut diatas kalau posisi riding Suzuki Thunder GSX-250 ini nyaman banget, khas touring bike, dan dengan size MR yang 183cm, ni motor masih nyaman, walaupun secara visual jadi tampak kecil 😀, padahal dulu di awal kemunculannya, ni motor terbilang paling moge diantara rivalnya – Honda Tiger 2000 dan Yamaha Scorpio 225 – apalagi dengan header knalpot ganda, walaupun single cylinder, makin terasa ke-moge-annya.

Saat diajak jalan muter-muter Surabaya sekitar 4 jam-an juga ngga terasa capek, thanks to jok yang empuk dan shock yang sebenarnya menurut empunya masih kudu dikembalikan ke aslinya, karena bawaan pemilik sebelumnya memakai shock variasi yang terlalu empuk, masih ok lah.

Mesin

Untuk ukuran mesin berumur hampir dua dasawarsa, masih terbilang jozz, cukup halus, namun agak lemot ketika gas ditarik mendadak, alias kurang spontan, masih dimaklumi lah, wong ini touring bike bukan sport bike, pakainya juga santai, ngga ngebut, walaupun di 100 kpj gear 5 mesin mulai terasa bergetar, mungkin perlu servis lebih lanjut agar lebih halus, maklumlah udah mau lulus kuliah, alias hampir 20 tahun.

Yang paling menarik adalah mesin masih asli bikinan Jepang lho, terbukti dari grafir Made in Japan yang tertera di bak mesin sebelah kiri, yang pasti menjamin kualitasnya, asli Jepang cuy!

Handling

Walaupun tampak gambot bin berat, namun MR cukup terkesima dengan handlingnya yang ringan. Ban depan asli yang 18 inch sementara dipensiunkan dan diganti diameter 17 inch, sama dengan belakang – yang tentunya berpengaruh pada angka yang ditunjukkan oleh speedometer – memberi efek lebih enak dikendalikan. Ditambah ban gambot di depan dan belakang, bikin kepengen mereng-mereng aja setiap lihat tikungan 😀

Andai Suzuki Thunder GSX-250 reborn….

Era 2010 keatas segmen motor Cruiser 200cc beraliran klasik seperti pelan namun pasti lenyap, seiring dengan tidak adanya produk baru yang diperkenalkan oleh pabrikan motor di Indonesia, Tiger 2000 reborn tak jelas juntrungnya, Yamaha udah ogah, belajar dari Scorpio yang desainnya aneh bin ajaib, akhirnya ngga laku. Kalaupun laku, ya kebanyakan cuma diambil mesin dan rangka, lainnya dirombak total.

Namun beberapa tahun belakangan, demam motor adventure beraliran retro mulai bermunculan, apakah ini saatnya Thunder GSX-250 direborn? Hmmm entahlah, tergantung dari selera pasar yang cepat berubah dan keberanian Suzuki untuk berinvestasi. Namun kalaupun direlease volumenya bakalan ga terlalu banyak karena memang motor hobi

Advertisements

3 responses to “Jajal Suzuki Thunder GSX-250, impian era 2000an yang jadi nyata!

  1. Motor yang sangat langka sekali di sini
    Gantinya inazuma yang nasibnya sama

    Like

  2. apik tenan iki…originale….

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s