Review on stage Yamaha Lexi 125 VVA, medium Maxi Yamaha


Review on stage Yamaha Lexi 125 VVA – motorrio.com – Postur Yamaha Lexi 125 VVA yang tak sebesar dan segambot kakaknya, Yamaha NMAX, menyisakan pertanyaan buat MR pribadi, apakah fit alias cukup dengan postur MR yang sedikit diatas rata-rata. Yup…dengan tinggi 183cm, motor matic 125-150cc yang diproduksi di Indonesia sedikit yang bisa MR naiki dengan nyaman.

Kekurangan yang paling sering adalah lutut alias dengkul MR mentok ke dek depan motor matic, seperti Yamaha Xeon milik MR pribadi. Jangan disamakan dengan matic premium ya, seperti Yamaha NMax atau Honda PCX, ya, karena memang didesain matic premium didesain jauh lebih nyaman dan lega dibanding matic biasa.

Bagaimana dengan Yamaha Lexi? 

Posisi riding lebih tegak dari NMax

Nah…kebetulan ada unit Yamaha Lexi-S disaat rilis di Shangri-La Surabaya Kamis lalu, MR coba untuk menjajal apakah Yamaha Lexi – yang merupakan matic step up sebelum Yamaha NMax ini – bisa mengakomodasi postur MR dengan nyaman atau tidak. 

Material jok cukup empuk dan rapi pengerjaannya

Coba duduk di joknya yang didesain datar (tidak meninggi seperti matic 125-150cc lainnya) cukup nyaman dan empuk, walaupun tidak sesantai kala naik NMax, lanjut ke posisi setang berasa lebih tegak ketimbang NMax, pun begitu dengan kaki yang tidak bisa selonjor mode jauh kedepan seperti NMax. 

Posisi lutut nyaman, tapi selonjor mode ala NMax hilang

Kabar baiknya, lutut alias dengkul MR tidak mentok ke dek depan seperti matic kelas 125-150cc lainnya, bahkan masih ada space sehingga lutut masih bisa dimajukan lagi, dan kaki bisa menapak dengan nyaman dan leluasa karena desain dek yang rata, yang bisa mengakomodir barang bawaan, bahkan galon air mineral seperti yang didemokan saat di Jakarta.

Konsekuensi desain dek rata Yamaha Lexi 125 VVA

Ruang underseat storage berkurang seiring dipindahnya tangki BBM ke bawah jok

Di samping sisi positif desain dek rata yang bisa memuat barang bawaan lebih banyak, ternyata ada konsekuensi yang harus dibayar akibat desain tersebut, yaitu berkurangnya volume underseat storage dibawah jok akibat pemindahan tangki BBM ke bawah jok layaknya matic pada umumnya dari yang sebelumnya ada di dek depan pada Yamaha NMAX. 
Kalau perkiraan MR, volumenya tidak bisa mengakomodasi helm, bahkan half face sekalipun, karena desain bagian bawahnya yang tidak rata, namun jika diisi barang bawaan masih cukup lega. Dan bagi yang terbiasa dengan mengisi BBM tanpa membuka jok, tampaknya wajib kembali ke kebiasaan lama dengan membuka jok saat mengisi BBM. 

Fitur menarik lain di Yamaha Lexi 

1. Charger gadget

Saat dicoba men-charge hape bisa berfungsi normal mengisi daya

Karena hampir semua pengendara motor saat ini sudah tak terpisahkan dengan gadgetnya, maka Yamaha mengakomodirnya dengan mendesain colokan charger gadget di dek kiri depan, jadi saat berkendara, kita bisa sambil charge gadget, jadi on terus gadgetnya.
2. Digital Speedometer 

Digital Speedometer serupa Aerox 155VVA

Speedometer serupa bentuknya dengan Yamaha Aerox 155VVA ini amat fungsional dan mudah dipantau saat riding, dengan angka yang besar dengan warna abu-abu saat kondisi terang dan warna biru dikala cahaya meredup bahkan gelap, memudahkan rider memantau kecepatan dan informasi lainnya.
3. Setang lebar ala Yamaha NMax

Setang dibalut cover ala NMax

Berhubung Yamaha Lexi adalah perantara menuju ke Yamaha NMax, maka ada beberapa fitur yang disematkan di Lexi, salah satunya adalah setang yang menurut pengamatan MR hampir sama dengan NMax, baik bentuk maupun lebarnya, yang membantu rider untuk mengendarai dengan lebih nyaman walaupun posisi riding lebih tegak dibanding NMax. 
Yup…. itulah review singkat MR pada Yamaha Lexi 125 VVA, dan karena unit yang tersedia hanyalah display, maka tidak bisa dilakukan tes ride, semoga nanti pada April 2018, sudah tersedia unit tes ride supaya bisa lebih mendalam mengulas performa dan kesan saat dikendarai.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s