Honda CRF150L udah nongol, akankah cerita Honda CBR250RR vs Kawasaki Ninja 250Fi terulang?



Honda CRF150L udah nongol, akankah cerita Honda CBR250RR vs Kawasaki Ninja 250Fi terulang – motorrio.com – Per hari ini (09/11) Kawasaki semakin merasa was-was, persis ketika Honda melaunching CBR250RR sebagai lawan dari Ninja 250 Fi. Namun apa yang terjadi diluar dugaan banyak pihak, Ninja 250 Fi masih merajai pangsa sport 250cc, walaupun CBR250RR tampil digdaya dengan teknologi dan desain ala kids jaman now. Sebenarnya apa sih strategi Kawasaki kok bisa sampai bertahan bahkan meraja di sport 250cc?

Kawasaki membawa Ninja 250 ke Indonesia disaat yang tepat!

Ninja 250 gen awal (pic.xKmph)

Kalau kita lihat kebelakang, Kawasaki Ninja 250 muncul disaat krisis sedang terjadi, harga mobil mahal, uang berkurang nilainya, bisnis melambat bahkan cenderung ambruk. Disaat itulah Kawasaki sebenarnya sedikit gambling dengan memaksakan diri memasukkan Ninja 250 dari Thailand, karena jualannya saat itu motor underbone hancur berantakan.

Disaat itulah para eksekutif muda yang punya duit tapi ngga cukup untuk beli mobil mewah melirik Ninja 250, sebagai satu-satunya motor moge look yang legal, sehingga kesan eksklusif tetap mereka dapatkan, dan Ninja 250 sukses menancap di mindset orang Indonesia, jadi trend setter di Indonesia, kalau moge ya Ninja!

Kisah KLX150 mirip Ninja 250 

KLX 150BF Extreme

Kisah yang hampir sama terjadi pada KLX150 yang juga muncul disaat belum ada pabrikan yang serius bermain di segmen trail, dan boooomm….! Kawasaki KLX150 tiba-tiba jadi trend setter baru kalau trail itu ya Kawasaki, persis seperti kasus Ninja 250 diatas, jadi pioneer di kelasnya. 

Dan saking antengnya di kelas ini, KLX 150 tidak mengalami perubahan berarti selain facelift kecil dan permainan stripping dan warna, persis seperti Honda di era 80-90an yang model dan mesin yang diusung di C series sami mawon ga ada perubahan berarti.

Faktor fanatisme produk ala Kawasaki 

Selain faktor pioneer, ada satu lagi faktor yang jadi kekuatan Kawasaki untuk melawan kompetitor, yaitu support terhadap Komunitas. Sepengetahuan MR, komunitas motor Kawasaki amat diperhatikan, bahkan disediakan staf khusus buat melayani acara komunitas Kawasaki. Dan sekalinya mengadakan acara, supportnya full ke komunitas yang hadir, pokoknya dibikin senang dan puas!

Dengan pelayanan super seperti ini, akhirnya para member komunitas pun merekomendasikan Kawasaki ke keluarga dan koleganya, yang akhirnya menimbulkan fanatisme ke Kawasaki.

Setelah sukses dengan Ninja 250, apakah Kawasaki sanggup mengulang kisah suksesnya dengan KLX150 membendung serbuan Honda CRF150L sehingga cerita Honda CBR250RR vs Kawasaki Ninja 250Fi bakal terulang? Apakah resep Kawasaki dengan faktor pioneer dan fanatisme produk bisa mengulang sukses sebelumnya….. Just wait n see…….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s