BeRes yang ngga selalu beres…

image

motorrio.com – Sebagai FBY (karena motor yang ada dirumah tinggal Xeon gen 1) MR berusaha untuk selalu servis rutin di BeRes (Bengkel Resmi) Yamaha yang terdekat dengan rumah, karena memang Xeon dipakai oleh istri untuk antar jemput anak-anak sekolah dan untuk kegiatan sehari-hari (belanja de el el) ya sekitar 3 km-an seharinya.

Nah….karena sudah dua minggu ini istri mengeluh si Blu susah distarter n pernah mogok, hari ini MR sempatkan membawa si Blu ke BeRes dekat rumah, sekalian ganti oli plus servis rutin. Biasalah di pendaftaran servis MR bilang keluhannya termasuk susah starter, yang singkatnya setelah dilihat Starter Relaynya harus ganti, apesnya disana ngga ada. Yo wes… MR coba cari aja di BeRes Yamaha lain di Surabaya.

image

Nih.....starter relaynya...

Sekalian MR keluhkan masalah ketika grip gas ditarik pelan-pelan kok terasa menyentak dan kaya ada jeda di beltnya. Jawaban mekaniknya kudu bongkar bagian belt untuk diservis. Nah….ketidakberesan mulai MR rasakan, mosok bagian itu ngga diservis sekalian pas servis rutin ya? MR awam kalo masalah SOP servis matic Yamaha, mungkin mazbro n mbaksis ada yang bisa jelasin???
Lanjut, akhirnya MR berusaha memcari starter relay-nya, setelah mengunjungi tiga dealer (satu servisnya tutup, satu lagi ga punya stoknya, satunya ada barangnya) akhirnya MR menemukan si starter relay ini di Utama Motor Basuki Rahmat Surabaya yang berjarak hampir 15 km dari rumah.

image

Saat ganti starter relay

.

Harganya lumayan sih, 78ribu, berasa banget di tanggal tua yang masih enam hari lagi baru gajian, tapi yang penting si Blu bisa operasional normal dan ngga menyusahkan istri MR. Nah….ketidakberesan di BeRes dekat rumah berasa di sini, saat mekaniknya memasang si relay, dengan bergumam sendiri dia berkata kurang lebih “Laopo diganti yo, sik apik kok” (ngapain diganti ya masih bagus kok). Karena mendengarnya, MR langsung mendekati n bertanya “Apa masih bagus pak?” Yang dijawab “Lah tadi disuruh ganti yo tak ganti ae”. Uasyeeemmmm… pikir MR, ngga nyalahin mekanik Utama Motor yang memang MR suruh ganti relay dengan yang baru, tapi MR malah makin galau dengan kemampuan mekanik BeRes dekat rumah yang pertamakali memvonis untuk ganti starter relay.
Karena bukan sekali ini aja MR merasa sedikit kurang pas, saking yang paling dekat BeRes itu sih. Harapannya dengan adanya artikel ini (siapa tau dibaca sama instruktur pelatihan mekanik dan mungkin pemilik BeRes Yamaha lainnya) kemampuan analisa mekaniknya akan problem motor konsumen Yamaha bisa meningkat sehingga tidak asal vonis harus diganti yang tentu bikin konsumen harus merogoh kocek lebih dalam.

MR Contact
Email : motorrioblog@gmail.com
Google+ : motorrio
You tube : motorrio rio
Instagram: motorrioblog
Other blog : bikesandcarsworld.wordpress.com

Advertisements

5 responses to “BeRes yang ngga selalu beres…

  1. Iya om.
    Dulu ane service d beres pasang gear kebalik.
    Trus beli busi juga salah kasih kode busi.
    Sekarang nginden cover knalpot Byson aja lama banget barangnya gk dateng2.
    BeRes emang bnyak yg gk beres.
    https://nofgipiston.wordpress.com/2015/09/20/review-peforma-knalpot-nobi-neo-ss-power-nambah-lumayan-banyak/

    Like

  2. ke krian aja kang di Yes krian dekat yapalis…. lumayan itu mekaniknya telaten,.diperiksa sampe slesai dan mau ngakali,.kpn hari xeon jg rawat inap dsna heheehe

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s