Silent killer: marketing strategy ala Kawasaki, cukup ampuh melawan dominasi Honda-Yamaha

kawasaki-logo

Silent killer, tampaknya itu julukan yang pantas untuk Kawasaki dalam meluncurkan produknya mazbro n mbaksis. Masih beberapa hari Kawasaki Athlete Pro 125 dilaunching tanpa ada heboh samasekali. Ngga ada spyshot, heboh yang berlebihan layaknya pabrikan Jepang, tiba-tiba nongol aja. Pun kali  ini hal yang sama terjadi pada facelift Kawasaki KLX150 terbaru ini. Rumor hanya berkembang dalam seminggu dua minggu ini saja, tiba-tiba saja udah launching!! Khas Kawasaki bener dah!!

Masih ingat dengan launching Kawasaki Ninja SL Mono, yang hanya kurang beberapa minggu dari launching baru heboh adanya spyshot? Setau MR, spyshot Ninja SL Mono inilah yang paling heboh, lainnya ngga terlalu. Yang jadi pertanyaan, kenapa Kawasaki memilih langkah diam-diam mengejutkan layaknya silent killer ini? Menurut MR ada dua hal utama yang membuat Kawasaki mengambil strategi ni, Pertama, karena memang secara sumberdaya Kawasaki jauh dibawah Yamaha, apalagi Honda. Kedua karena memang sebagian besar produk Kawasaki adalah produk global, yang otomatis melalui keran impor, alias tidak diproduksi di Indonesia, kecuali beberapa produk seperti Ninja SL Mono yang memang diproduksi di Indonesia, sehingga peluang kebocoran proses produksi bisa dibilang minim.

Dua hal utama tersebutlah yang dimiliki oleh kompetitornya, yang akibatnya bocoran spyshot (yang juga bisa disebut sebagai marketing strategy, karena menimbulkan rasa penasaran calon konsumen) hampir tidak ada sama sekali, tiba-tiba nongol aja! Akankah strategi ini  akan tetap diterapkan Kawasaki untuk seterusnya, ataukah akan berubah menjadi strategi ala Honda-Yamaha seiring dengan meningkatnya penjualan di Indonesia yang akhirnya memaksa KMI untuk mendirikan pabrik disini? Hanya waktu yang bisa membuktikannya.

Advertisements

8 responses to “Silent killer: marketing strategy ala Kawasaki, cukup ampuh melawan dominasi Honda-Yamaha

  1. sedikit2 niru yimm dan ahm juga perlu….. jgn niru sperti suzuki, diam2 ehh malah beneran barangnya gak ada 😀

    Like

  2. sesekali niru serial sandiwara bocoran ala Honda atau Yamaha dong 😆

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s