First sight: Honda eSP engined Beat Sporty – Beat POP

Beat pop CBS

Mazbro n mbaksis, akhirnya kesempatan untuk melihat secara langsung produk Honda terbaru di kelas AT Low yaitu Honda Beat Sporty dan Beat POP yang sudah mengusung mesin eSP dari Honda, kesampaian pada Sabtu, 25/01 yang lalu pada saat launching di Royal Plaza Surabaya.

Beat sporty

Dari dua model tersebut, untuk Honda Beat Sporty secara visual bodi tidak banyak berubah, hanya tampilan stripping saja yang lebih segar dan lebih sporty seperti namanya. Namun jangan salah mazbro n mbaksis, dibalik bodi yang idem dengan generasi sebelumnya, Beat Fi, ternyata teknologi yang disematkan jauh lebih advanced dari sebelumnya. Beat Sporty sekarang dibekali mesin eSP alias enhanched Smart Power yang sebelumnya hanya disematkan pada motor matic Honda di segmen premium, yaitu Honda PCX, yang akhirnya diturunkan di Honda Vario 125 dan akhirnya pada Honda Beat series ini.

Beat eSP

Dengan disematkan mesin eSP ini, selain lebih bertenaga dan irit, suara keras yang timbul saat mesin dinyalakan pun menjadi sejarah, alias sudah hilang!! Ini berkata adanya ACG Starter yang menghilangkan dinamo starter konvensional dan mekanisme gigi penggeraknya, sehingga lebih halus suaranya saat distarter (nanti MR akan upload videonya saat tes ride ya…). Dan asli….ini yang bikin MR enggan meminang Vario di tahun 2008 lalu, gara-gara ilfil dengerin suara bletak-nya saat distarter.

Beat pop left side

Sedangkan Honda Beat POP, desainnya berbeda total dengan desain Beat Sporty, alias model baru. Dengan garis desain yang lebih rounded, terlihat kalau Beat POP lebih kalem, dan lebih sesuai dengan rider yang stylish. Sekilas kalau dilihat dari sisi desain muka alias headlamp, banyak blogger yang menyamakannya dengan tarikan desain Suzuki Nex, yang sama-sama menggunakan headlamp yang terpisah dengan sein depan, tapi bagusnya di Beat POP, garis desain lampu seinnya masih “nyambung” dengan desain headlamp secara keseluruhan. Beda dengan Nex yang menurut MR lebih berdesain asimetris, ngga “nyambung” dengan desain secara keseluruhan.

Beat pop CBS 1

Perbedaan mencolok selain bodi adalah tinggi jok yang lebih rendah 5mm dan lebih empuk dibandingkan dengan Beat Sporty. Mungkin karena faktor ini, paha MR tidak mentok di setang saat setang diputarkan mentok ke kanan atau ke kiri saat MR mencoba duduk di joknya. Lain halnya dengan Beat Sporty yang hampir mentok di paha MR, tentunya ini menambah kenyamanan bagi rider berpostur diatas 175cm seperti MR.

Beat POP luggage

Yup….itulah sekilas mengenai kesan pertama duo Honda di kelas AT Low. Untuk sesi tes ridenya yang kemarin Sabtu 31/01 sudah MR lakukan bersama rekan Jatimotoblog atas undangan MPM  selaku main dealer Jawa Timur akan MR bahas di artikel selanjutnya.

Advertisements

3 responses to “First sight: Honda eSP engined Beat Sporty – Beat POP

  1. yg pny warung d sinyalir tertarik

    Like

  2. Pingback: Test Ride Duo Honda Beat, Sporty – POP di Gathering MPM – Jatimotoblog (Part 1) | motorrio

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s