Honda New Genio, lincah bener!!

Honda New Genio – motorrio.com – Kelar jajal Honda Vario 160 selama 3 hari, giliran selanjutnya Honda New Genio, bersambung kaya sinetron jadinya nih! Gimana impresinya? Jelas beda dong, kalau diibaratkan yang Vario 160 kelas bantam, yang New Genio kelas bulu. Lah kok kelas bulu?? Abis ringan dan lincah banget sih!!

Secara size, Honda New Genio lebih kecil dan compact dibanding Vario 160 yang barusan MR jajal bahkan masih lebih kecil dibawah Honda Scoopy. Honda New Genio memang diposisikan sebagai versi “murah” dari Honda Scoopy, karena Honda melihat peluang ada ceruk pasar konsumen yang ingin beli Scoopy namun sudah semakin mahal, akhirnya dirilis Genio yang harganya dibawah Scoopy namun tetap mengambil desain klasik modern ala Scoopy.

Riding position

Walaupun berdimensi compact, bukan berarti Honda New Genio sempit lho! Dengan tinggi 178cm, kaki MR termasuk panjang, dan ngga mentok ke dek depan, seperti yang MR bayangkan di awal sebelum test ride. Bahkan posisi riding terasa lebih tegak dibandingkan dengan Vario 160 yang lebih sporty riding position nya. Jok juga cukup luasnya, ngga sebesar dan seempuk milik Vario 160, namun cukup nyaman untuk perjalanan pulang pergi kerja yang dari rumah MR sekitar 50an kilometer untuk sehari pergi pulang.

Lincah dan responsif

Dua kata ini mewakili karakter Honda New Genio, karena ukuran yang compact plus ban 10 inch, Honda New Genio jadi lebih lincah saat harus bermanuver di kepadatan lalu lintas, asli enteng bener!! Dengan bobot hanya 90 kg jelas lebih enteng dibanding Vario 160 ABS berbobot 117kg yang sebelumnya MR tes.

Mesin 110cc eSP terasa responsif saat grip gas diputar mendadak, bisa mengikuti maunya rider kalau perlu stop n go, yang berguna banget kalai riding di perkotaan seperti Surabaya.

Suspensi

Nah, bagian ini juga terasa lebih empuk dibanding Vario 160, ketika MR coba konfirmasi ke Pak Bondan dari MPM Honda, faktor ban yang lebih tebal dari Vario 160 diduga jadi penyebab suspensi depan terasa lebih empuk, karena ban lebih tebal mampu meredam benturan lebih baik dibanding ban yang lebih tipis, masuk akal juga sih

So….dari pengalaman pakai selama 3 hari kemarin, MR merasa kalau New Genio memang cocok dipakai harian, karena selain bobot ringan, mesin responsif, suspensi mumpuni, jadi saat dipakai harian apalagi di perkotaan seperti Surabaya yang kudu mahir manuver saat lalu lintas padat, New Genio cocok banget, apalagi dengan harga dibawah Scoopy. Fungsi dapet, gaya juga dapet!!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s