Fun Touring Blogger – MPM Honda, Fun way to explore new bikes!! (1)

semakin-merdeka-dari-angsuran-mahal.gif.gif

img-20160924-wa0003

motorrio.com – Fun Touring blogger bersama MPM Honda kembali dilaksanakan untuk kali ketiga, setelah pantai Papuma Jember (2014), pantai Camplong Madura (2015), dan tahun 2016 ini di pantai Pasir Putih Situbondo. Pantai selalu menjadi destinasi selama tiga tahun terakhir, sekaligus sebagai sarana mempromosikan wisata daerah di Jawa Timur.

“Tujuan utama Fun Touring untuk merekatkan hubungan antara blogger dan MPM Honda, seperti tahun-tahun sebelumnya juga sekaligus memberi kesempatan untuk test ride produk terbaru Honda, yang untuk tahun ini adalah CBR150R dan Supra GTR150”, kata M Bondan Priyoadi, Head HC3 MPM Honda.

https://motorrio.com/2014/09/28/fun-touring-with-blogger-by-ahm-mpm-mr-first-real-touring/

20160924_084755

Bersama 10 orang blogger – termasuk MR – start dilakukan dari MPM Learning Centre Sedati – Sidoarjo sekitar jam 9.30 pagi dengan menggunakan 5 unit CBR150R dan 5 unit Supra GTR150. Dan sebelum berangkat dilakukan briefing singkat bersama Yudhistira – Safety Riding Instructur MPM Honda – mengenai Safety Riding, termasuk materi berkendara yang aman serta tips dan trik menghadapi permasalahan di jalan raya yang umum terjadi saat touring.

20160924_084624

Kelar semua persiapan, dan menggunakan kelengkapan berkendara, termasuk jaket Honda berprotector, protector kaki, sepatu boot, sarung tangan dan tentunya helm full face, kami bersiap untuk menuju Situbondo dengan perkiraan sampai di lokasi sekitar jam dua siang, dengan beberapa kali perhentian. CBR150R menjadi pilihan pertama MR untuk rute Sidoarjo – Probolinggo, sedangkan rute Probolinggo – Pasir Putih MR berencana menjajal Supra GTR150.

Kenapa tidak sekaligus rute Sidoarjo – Pasir putih menggunakan CBR150R saja, seperti yang dilakukan beberapa teman blogger lain?? Pertimbangan MR adalah rute Sidoarjo – Probolinggo jalannya rata-rata lebar dan beraspal mulus (walaupun tidak semua) yang cocok untuk explore CBR150R, sedangkan rute Probolinggo – Pasir Putih setahu MR (karena MR pernah bekerja di daerah Probolinggo, tepatnya di Paiton) kondisinya kurang bagus walaupun lebar, bumpy dan berlubang disana-sini, yang pas untuk menjajal kemampuan Supra GTR150.

img-20160924-wa0002

Selepas start, perjalanan menempuh waktu sekitar dua jam menuju perhentian pertama, SPBU Sedarum di daerah Pasuruan menjadi ajang explorasi CBR150R. Dalam perjalanan, beberapakali MR mencoba explore top speed di rute selepas kota Bangil, yang jalanannya dan bisa menyentuh angka 125-127 kpj, berbeda dengan rekan lain seperti Kang marnu yang bisa mencapai 135 kpj. Beberapa faktor yang mempengaruhi diantaranya adalah berat dan tinggi badan, dimana MR berbobot 80kg, sedangkan Kang Marnu hanya 54kg, dan tinggi MR yang menjulang 183cm vs 175 cm, ya cukup berpengaruh dari sisi aerodinamika dan PWR 😀

Namun bukan top speed yang menjadi perhatian MR di Fun Touring kali ini, namun lebih ke sisi ergonomi dan kenyamanan yang dirasakan. Secara ergonomi, CBR150R membungkuk, yes, tapi tidak terlalu bikin pegal didaerah bahu dan leher – karena menyangga berat badan – seperti yang MR rasakan saat menggeber  CBR150R versi sebelumnya dalam Fun Touring pertama di Papuma Jember di 2014. Ini yang sedikit aneh menurut MR, karena walaupun secara kasat mata, terlihat lebih racy dibanding versi sebelumnya, namun menurut pengamatan MR, ada tiga faktor utama yang menjadikan CBR150R versi 2015 ini lebih nyaman dikendarai untuk long trip, yaitu

  1. Rider seat yang lebih ramping dan rendah, sehingga secara umum ergonomi menjadi sedikit lebih “tegak” dari versi sebelumnya.
  2. Size tangki bahan bakar, yang menurut MR pribadi, lebih pendek dan ramping, sehingga jarak lengan ke setang menjadi lebih pendek, sehingga membuat beban lengan lebih ringan, tidak terlalu menjulur jauh untuk meraih setang.
  3. Perbaikan di sisi rangka, dimana versi terakhir lebih mudah bermanuver, sehingga meringankan beban rider secara keseluruhan yang akibat akhirnya tidak cepat membuat rider lelah.

Perbaikan di tiga faktor tesebut berakibat cukup signifikan di versi CBR150R ini, sehingga perjalananan terasa tidak melelahkan. Untuk torsi dan tenaga, terasa ada disemua putaran, bawah-tengah-atas, sehingga untuk aksi over taking kendaraandidepan bisa dilakukan secara mendadak dan smooth.

20160924_130235

Tak terasa perjalanan yang seharusnya dijadwalkan ditempuh dalam dua jam untuk mencapai perhentian pertama di SPBU Sedarum, hanya ditempuh dalam waktu 1,5 jam saja, we oo we!! Dan setelah berhenti selama sekitar 30 menit, seluruh peserta melanjutkan perjalanan menuju Dunia Motor Probolinggo untuk technical check atas semua kendaraan plus Ishoma bersama semua kru, dan berkenalan dengan owner Dunia Motor Ko Andi yang ramah dan welcome kepada semua peserta.

20160924_124457

Bagaimana perjalanan rute selanjutnya menuju Pasir Putih menggunakan Supra GTR150?? Ada di artikel selanjutnya ya…….

Advertisements

2 responses to “Fun Touring Blogger – MPM Honda, Fun way to explore new bikes!! (1)

  1. keren yo…jos kang 😀 ditunggu artikelnya 😀

    Like

  2. Pingback: Fun Touring Blogger – MPM Honda; CSR bersih-bersih pantai (3-end) | motorrio

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s