Old Datsun SR20 pengen servis di Beres Nissan Datsun, bisakah??

image

Sampe komentaror FBnya pun bikin meme ini....

motorrio.com – Menarik membaca tulisan mas Priyo tentang kasus yang dialami oleh Rheza Novick – owner old Datsun SR20 – yang sedang kebingungan gimana caranya mengetahui apa yang salah dengan ECU mobilnya, sehingga di tengah keputus asaan itu, dia hanya berpikir untuk menuju ke Beres (Bengkel Resmi)

Nissan Datsun di dekat domisilinya, dengan harapan kesulitan yang dialami bakal terpecahkan disana.
Namun apa mau dikata, bukan solusi yang didapat, malah (menurut beliau) “penghinaan” yang diterima. Kalau dari sisi mas Priyo dibahas mengenai harapan agar tidak ada diskriminasi, MR coba kupas dari sisi lain, yaitu dari kendaraannya sendiri, yang menurut Rheza dan komentar di FB pagenya adalah Datsun SR20.
Memang benar, Datsun milik Rheza adalah Datsun yang semerk dengan Nissan Datsun yang ada sekarang, namun, perlu diingat, bahwa Datsun memang pernah ada dan berjualan disini, di era sekitar tahun 1970an, dan kemudian angkat kaki dari Indonesia sekitar tahun 1980an (monggo dikoreksi kalau salah).
Datsun baru kembali ke Indonesia di 2014, – dengan digandeng Nissan, induknya – artinya ada rentang waktu sekitar 30-an tahun yang mana, terputus segala macam spare part dan fungsi Bengkel Resminya.
Dapat dipahami, kalau teknologi mobil Rheza jauh berbeda dengan yang ada saat ini, pun demikian dengan spare partnya.
Beda dengan Toyota, yang tetap eksis sejak era 70an sampai saat ini. Ambil contoh lain, Volkswagen (VW), yang juga pernah bernasib sama, berjualan di Indonesia, lalu pergi dan akhirnya kembali lagi.
Para owner old VW pun sepengetahuan MR, lebih prefer mendatangi bengkel non Beres, yang seringkali memang bisa menemukan solusi yang jauh lebih jozz jika dibandingkan dengan Beres sendiri, yang terikat oleh SOP yang ditetapkan perusahaan untuk melayani konsumen.
Kalau menurut MR sih, sang SA sudah memberi alasan masuk akal (kembali ke kisah Datsun yang sempat out dari Indonesia) spare part yang tidak tersedia untuk mobil Datsun SR20. Namun yang membuat Rheza kecewa dan malu adalah situasi dan kondisi yang diterima, saat dia mulai datang sampai pulang.
Cemoohan dan pandangan miring dari SA (melalui senyum penuh artinya bersama mekanik) dan para pengunjung Beres tersebut juga makin bikin panas situasi hati.
Solusi yang terbaik dari kasus ini, alangkah lebih baik jika Rheza mengunjungi bengkel khusus mobil retro, yang MR yakin jauh lebih berpengalaman menangani mobil retro yang sudah tidak standar seperti Datsun SR20 ini, atau kopdar dengan sesama owner old Datsun, dimana informasi tentang old Datsun bakal mengalir lancar, utamanya bengkel rekomendasi.
Artikel ini bukan pembelaan buat Nissan Datsun, karena MR tidak berhubungan langsung dengan Nissan Datsun, walaupun MR juga pengguna Datsun GO plus, namun MR coba melihat dari sisi lain. Karena MR pun pernah berselisih paham dengan SA Beres dikala komplain masalah karat, yang akhirnya bisa diselesaikan dengan baik dan tuntas.
Monggo komen dan pendapatnya di kolom komentar sebagai pembelajaran bagi kita semua……

Mengenai kronologinya bisa dibaca diakhir tulisan ini, yang MR copas dari FB page Rheza Novick

image

Penampakan mesin Datsun SR20

image

Rheza Novick
Pengalaman yg tak terlupakan..
Hati ini, tgl 9 .05.2016.! Saya berniat service tune up di Dealer & Bengkel Resmi Nissan Datsun..
Begitu masuk di halaman, di sambut security..
saya di arahkan ke space parkir umum, namun saya bilang saya mau service..sambil setengah
gak percaya saya akhirnya di perbolehkan dan dipersilahkan parkir di zona hijau, kemudaian security menempelkan kartu antrean (no.7),
aetelah itu ia membawa secarik kertas dan tanya..mas, km/odometer nya kok ga ada? Saya jawab.. Walah.. Apa harus ada? Dya bilang kalo
mau service disini harus ada km nya.. Saya bilang, udahlah pak tulis aja 10.000 km… .. Dia masih bingung (sambil ngeliatin terus mobil
saya).. Di situ banyak customer juga.. Pada ngeliatin.. Ada salah seorang diantaranya bilang..lahhh mobil apa ini..rongsokan kok masuk sini?? Ada pula anak2 mendekat,,, itu apa pah?
Blm lagi mendekat, si bapaknya bilang, jangan dekat2, nanti infeksi loh nak.. Hadewh…
Kemudian saya dipertemukan SA nya, ..Sang SA tanya ada yg bisa saya bantu? . iyah mas, saya
mau service, ..
SA. Mana mobilnya mas?
Sy: itu.. (Sambil nunjukin di parkiran luar ruang)
SA: yg mana? Yg itu..? ( setengah gak percaya) .
Sy: iya mas..
SA: emmm, sebentar ya, mohon tunggu dulu
( kemudian SA ke blakang di bagian workshop service , saya melihat dia bincang2 dg beberapa mekanik sambil senyum2, entah apa maknanya)..
Kemudian dya balik menemui saya lagi..
SA: Maaf mas Apoy, disini memang bengkel Datsun, tapi disini gak bisa menerima Datsun nya Mas Apoy, .. Disini mobilnya muda2, sehingga
spare part utk mobil mas Apoy gak ada, ga tersedia.. Jadi maaf, kami ga bisa mengerjakan…
Sy: owh gitu yah.. Sini kan Nissan Juga kan mas?
SA: iya, tapi kami terima paling tua NiSSAN Terano.. Klo mobil mas Apoy sudah uzur…
Sy : jadi intinya ga bisa ya? Gak nerima Datsun Tua ya?
SA: Iyah mas…
Sy: yadah mas, makasih…
Saya langsung kluar , di luar ternyata banyak yg ngeliat rongsokan saya, termasuk para mekaniknya.. Begitu saya start engine langsung saya Burn Out.. Blm sampe disitu, begitu kluar
dari Dealer, nyebrang ke arah kanan (pas kebetulan jalan sepi) tak bejek Habis ni mobil,, sampe spin.. Terdengar decitan ban blakang
kebakar aspal… Karena kesal..
Apa krn Mobil Bulukan ?? H,mm diskriminatif banget..
Trimakasih Nissan Datsun.. Ternyata saya blm bisa menikmati teknologi anda…

MR Contact
Email : motorrioblog@gmail.com
BBM Channel : C0037538A
Google+ : motorrio
You tube : motorrio rio
Instagram: motorrioblog
Auto blog : http://www.bikesandcarsworld.wordpress.com

Advertisements

2 responses to “Old Datsun SR20 pengen servis di Beres Nissan Datsun, bisakah??

  1. itu datsun 510, sr20de ato sr20det tuh kode engine nissan yg biasanya di pake di nissan s15 aka silvia

    Like

  2. pastinya pada ngeliatin mas. mobil antik ya pasti mengundang perhatian.
    apalagi (maaf) banyak karat begitu. lagipula, bengkel resmi itu melakukan perawatan untuk kendaraan yang memang dijual oleh ATPM. jika ada customer memiliki Nissan GTR, teknisi juga pada bingung. karena knowledge mereka tidak dipersiapkan utk mengerjakan kendaraan tipe tsb.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s