Tes ride Honda Spacy Fi : spacious!!

image

Mazbro, perjalanan ke Head Quarter (HQ) Mbah Bons Desember 2013 kemarin sekaligus MR pergunakan untuk tes ride Honda Spacy milik kakak ipar MR di Nganjuk (matur nuwun mbak Yessy n mas Pujiarto). Kesan pertama dari matic Honda yang satu ini adalah gendut ๐Ÿ˜€ !!


Yo wes lah dipakai aja, coz sebenernya MR pinginnya pakai Yamaha Xeon properti MR sendiri yang kebetulan hari selasanya dibawa ke Nganjuk, namun sayang, Jumat malam sudah dibawa balik ke Sidoarjo karena yang pinjam ke Nganjuk ada tugas kuliah yang jarus diselesaikan hari Sabtunya. Bingung juga pertamanya, mau pakai mobil, tapi infonya mobil susah masuk karena jalannya ngga mendukung, apalagi seperti Kia Picanto yang MR bawa.
image

Di tengah kebingungan yang hampir aja berakhir dengan batalnya ke Bons HQ, mbak Yessy meminjamkan Spacynya yang terbilang maaih lumayan anyar mazbro,ย  alhamdulillah!!! Back to the first impression,ย  selain kelihatan gendut, lampu depannya kurang proporsional sih menurut MR, coba kalau agak slim sedikit mungkin lebih bagus kali ya, IMHO.
image

Naik ke joknya, lumayan keras, ya mirip-mirip joknya Xeon MR dah, namun jauh lebih lebar dari Xeon, jadi bisa duduk agak relaks. Posisi setang agak rendah, mirip2 Xeon juga, dan jadinya karena postur tubuh MR sedikit diatas rata-rata (180an cm, 78kg) jadi posisi riding sedikit membungkuk,ย  dan ini menimbulkan sedikit masalah selama perjalanan.
image

Putar kunci kontak, kedengeran suara pompa bensin PGM-Fi nya ber-zinggg ria, ooooo gini tho suaranya ๐Ÿ˜€ . Lanjut tekan tombol starter mesin….cletak!!!!..suara khas matic Honda keluar dengan lantangnya. Sempat rada ilfil juga mazbro,ย  kalau dibandingin sama Xeon ya beda, wong Xeon ga ber cletak gitu ๐Ÿ˜€ Lanjut setang gas dipluntir, responsif juga tarikannya, not bad!! Sekalian isi pertamax dah sesuai pesan pemiliknya, pakai helm dan jaket meluncur ke pom bensin terdekat. Isi 50 ribu, udah mentok di garis F nya, fiuuhhh kroso jeh!!! Balik ke rumah mertua sambil nungguin rombongan Malang datang. Lanjut berangkat ke Bons HQ, nah ini tes ride sesungguhnya.
image

Menempuh jarak sekitar 30an km sampai Madiun yang dilanjut lagi 30an km sampai lokasi Bons HQ, baru terasa kalau postur segambot MR kurang cocok kalau mengendarai Spacy. Terutama riding position yang agak membungkuk,ย  sehingga seringkali MR mengganti posisi duduk ke depan dan belakang untuk melemaskan punggung biar ngga pegal. Tapi suerrrrr ini bukan salah Honda dalam mendesain Spacy, tapi salah postur MT yang oversize ๐Ÿ˜€
Secara umum sih Spacy cukup irit, bayangin dari berangkat, pulang ke Nganjuk lagi, total sekitar 110-120an km baru habis separuh tangki pertamax92. Posisi riding lebih cocok buat rider berpostur antara 160-170 cm an, diatas itu bakalan sedikit tersiksa kayanya, IMHO lho ya. Kenyamanan jok kurang karena busa yang agak keras, namun ditutupi oleh tempat duduk yang spacious dan underseat luggage yang cukup luas juga. Top speed yang bisa dicapai, saat pulang sendirian sekitar 100km/ jam on speedo, ga berani ambil foto sambil riding, bahaya mazbro!!! Akselerasi cukup kencang, khas matic yang tinggal gas aja ga perlu ganti gear lagi.
Impresinya kalau boleh kasih rating antara 1-10, MR kasih nilai 8 lah karena memang disisi lain minus namun disisi sebaliknya masih banyak plusnya juga. Jadi mazbro yang suka dengan motor yang spacious tapi ngga terlalu modis bisa dipilih honda Spacy ini ๐Ÿ˜€
Kalau sekiranya mazbro semua punya motor jenis apa aja selain Honda Sonic, Xeon generasi awal, NMP, Verza, monggo bisa dipinjamkan via PM boleh, atau via komennya, biar MR bisa tes ride juga, apalagi kalau Ninja ๐Ÿ˜€ (ngarep dotcom)
image

4 responses to “Tes ride Honda Spacy Fi : spacious!!

  1. podium diamankann dulu gan ๐Ÿ˜€

    Like

  2. Spacy itu tangkinya emang guede…
    Xeon isi 20rbu, spacy 35rbu bru full
    Jdi kalo spacy habis separuh di xeon
    Hapis 3/4 brrarti hehehe

    Note : pengalaman spacy kantor hehehe

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s