Siap-siap, warga Surabaya yang punya mobil bakal wajib punya garasi! Solusinya gimana?

Punya mobil wajib punya garasi di Surabaya. motorrio.com – Setelah DKI Jakarta bakal membuat aturan yang menerapkan kewajiban warga yang punya mobil wajib punya garasi, sekarang giliran Surabaya bakal mengikuti jejak Jakarta!

Seperti yang saat ini ramai didiskusikan di radio Suara Surabaya, banyak pro dan kontra masalah ini. Yang pro ya jelas yang punya mobil dan punya garasi sejumlah mobilnya. Yang kontra jelas yang punya mobil, tapi tidak punya garasi karena rumahnya yang berada di gang-gang sempit yang banyak bertebaran di kampung-kampung Surabaya. 

Lanjut apakah yang punya mobil tapi tidak punya garasi terpaksa harus jual mobilnya? Ataukah harus jual rumahnya dan beli rumah yang ada garasinya? Beberapa pendengar memberikan solusi diantaranya

  1. Menempatkan mobil di lapangan umum milik kampung yang tidak dipergunakan dengan konsekuensi ada biaya sewa bulanan
  2. Pemkot selaku pembuat aturan harus membuat lahan parkir dengan sistem gedung parkir bertingkat seperti yang ada di jalan Mayjend Sungkono Surabaya 
  3. Pemkot harus segera memperbaiki kendaraan angkutan umum seperti bus kota, angkot dan rencana besar menghidupkan kembali trem listrik sehingga menjadi lebih nyaman, murah dan tepat waktu, agar masyarakat lebih suka naik kendaraan umum daripada naik kendaraan sendiri, yang efek dominonya mengurangi kepadatan kendaraan dan polusi udara.

Kalau dari ketiga solusi tersebut, MR lebih prefer yang ketiga, karena MR sendiri butuh waktu satu jam berkendara dari rumah ke kantor, artinya waktu satu jam terbuang sia-sia. Andai ada angkutan umum yang nyaman, murah dan tepat waktu terealisasi, MR lebih suka naik angkutan umum. Sampai kantor bisa lebih fresh dan tidak capek terkena macetnya Surabaya. 

Bagaimana menurut mazbro n mbaksis semua?

2 responses to “Siap-siap, warga Surabaya yang punya mobil bakal wajib punya garasi! Solusinya gimana?

  1. Sepertinya sbntr lagi bisnis parkir mobil di perkampungan di Surabaya bakal rame.
    Juragan tanah akan membuat parkir khusus mobil.
    Ditempat tinggalku sudah ada sih. Jadi ada lahan khusus buat parkir. Mobil ga boleh diparkir sembarangan didepan rumah.

    Like

Leave a comment