Alhamdulillah, bisa test ride CB150R!!!

Streetfire 19

Penasaran, itu yang bikin MR kemarin Sabtu siang ngajak keluarga dolan ke Surabaya Town Square, a.k.a Sutos. Istri juga udah ngeh kalo MR tujuannya kesana cuman pengen liat kaya apa sih sebenernya si CB150R yang heboh itu, so istri no problem, sekalian jalan-jalan gitu. Sampe Sutos udah jam 2 siang, langsung aja ke lokasi, dannnn….nah itu dia, si Streetfire yang bikin heboh!!

Streetfire 9

Streetfire 7

Ada live musicnya juga tapi karena baru nanti malem acaranya, ya udah keliling aja sambil memuaskan rasa penasaran akan si CB ini, plus ngga lupa jurus jeprat jepret amatiran keluar, berbekal kamera pocket Sony properti MR.

Streetfire 17 Streetfire 2

Streetfire 8

 

Yang ini dibelah-belah, (opo yo istilahnya, MR lupa) jadi keliatan semua jeroan-nya. Dari sini keliatan kalo kick starternya bentuknya unik banget meliuk-liuk, mungkin agar tidak mengganggu tampilan dan posisi kaki kanan rider ya?

Streetfire 3 Streetfire 4

Ada versi modifnya juga seperti yang pas JMS, cuman sayang yang truss framenya kuning ga ikut dibawa, cuma yang merah aja

 Streetfire 5 Streetfire 10

Udah puas jeprat-jepret MR coba cari info berapa harganya. Ehm….dari brosurnya ternyata harganya beda hampir 1 jutaan dengan Jakarta, tepatnya Rp. 23.088.900,- OTR Surabaya, Sidoarjo, Gresik podho wae, dan indennya cuma 2 minggu (katanya lho…). Tapi masih dimaklumi, wong ongkos kirim dari Jakarta berapa, pajak di Jatim juga beda, belum keuntungan buat dealer de el el. Tapi MR lupa ga nanya, apa bisa digoyang itu harga. Lucunya di brosur tabel harga tertera CB 150 Repsol (bukannya CB 150 R), apa yang bikin brosur mengira kalo R itu kepanjangan dari Repsol?? Ato jangan-jangan bakalan ada  versi Repsol untuk si Streetfirre ini??

Tabel angsurannya FIF

Tabel angsurannya FIF

Iseng nanya ama SPG-nya, apa ada sesi tes ridenya? Eh, kok ya ternyata ada!! Wah, sip-sip, langsung bilang ama istri kalo MR mau tes ride, dia bilang OK, sambil nunggu di J-** aja katanya, udah ngibrit deh ke SPG-nya lagi sambil nunggu 2 orang lagi yang mau tes ride, coz tempatnya ternyata di halaman Kodam V Brawijaya. Udah ngumpul 4 orang, termasuk MR, kita berangkat ke lokasi tesride pake mobil yang disediakan Honda, shuttle bus gitu ceritanya. Abis daftar, nunggu giliran tes ride, dan Alhamdulillah, MR merupakan tester terakhir di sesi ini!!

Streetfire 11  Streetfire 12

Langsung aja setelah pake jaket, helm, sarung tangan, dan protector kaki (yang tangan ga cukup, hehehe!!) nangkring di motor. Kesan pertama, ni motor kecil, ramping, joknya agak padet, tapi tangkinya gedean kalo dibandingkan dengan NMP yang biasa MR pakai sehari-hari. bagian paha di tangki cukup nyaman, tidak mengganjal seperti tangkinya Tiger generasi awal. Kunci kontak di-on, terdengar bunyi ziiinnnggg….tanda pompa injektor mulai berfungsi (CMIIW), pencet tombol start….brruuummm, halus juga, malah mirip kaya bunyinya Honda Sonic 125 punya MR.

Streetfire 13

 

Udah gitu, satu-dua-tiga tancap gas….!! Wewww…. cepet banget naiknya RPM, ga kaya Sonic yang rada lambat dikit, walopun masih lebih cepat dibanding motor sekelasnya, ya ini karakter DOHC kali ya, yang beda ama SOHC. ga sempat liat berapa speednya, karena trek pendek dan mulai banyak PKL yang mau jualan di sekitar lokasi. FYI, kalo di lapangan Kodam ini, kalo malem rame banget, banyak PKL jualan, apalagi kemarin kan Sabtu, malam minggu mazbro!! Puter balik, tancap gas lagi, sambil terus tancap gas yang enteng banget meraih 11.500-an RPM sebelum limiter bekerja!! Hmmmm…. kayanya masih bisa lebih dari itu deh, wong mesinnya belum teriak bombay, alias masihh ada spelling, mungkin masih bisa 12-13 ribu RPM, kalo ga ada limiter (FYI lagi, Sonic limiternya bekerja di 11.000 RPM) Dan hasil topspeed sih sekitar 80 kmh di gigi 3, karena treknya pendek mazbro. tapi ini udah cukup mewakili, kalo misalnya trek panjang, mungkin 120-130 kmh bisa dicapai, dengan kondisi rider seperti MR yang sizenya 180cm / 70kg.

Streetfire 14

Kesimpulan yang bisa diambil, motor ini secara mesin dan handling enteng banget, kalo dibandingin dengan NMP, jelas lebih enak meliuk-liuk di lalu lintas kota mengendarai Streetfire. Namun minusnya, selain desain yang mirip Vixion plus tangki jenongnya, di sektor ban terasa kurang grip, apa karena bannya masih baru, dan kondisi trek yang ber-aspal seadanya (ngga mulus), atau tekanan ban yang terlalu keras, MR juga ga tau pasti, karena sesi tesnya singkat banget, sekitar 5 menit-an aja. Coba kalo ban diganti ukuran 120, mungkin bisa memperbaiki handling, walopun mungkin mengorbankan performanya sedikit.

Secara umum sih MR angkat 2 jempol atas semua inovasi yang dilakukan Honda, dengan harga 23 juta udah bisa dapet motor DOHC 6 speed, turunan CBR series. So, kalo mazbro mau meminang motor diantara keduanya, pilihan tergantung mazbro semua, Honda Streetfire ato Yamaha Lightning dengan semua kelebihan dan kekurangannya. Jadi pilih yang mana nih mazbro????

26 responses to “Alhamdulillah, bisa test ride CB150R!!!

  1. wah asik euy nyicip cb150r :mrgreen:

    Suka

  2. di semarang kemaren pas hujan, jd gak bisa join..

    Suka

  3. Wah launchingnya di Sutos
    22 juta masih terlalu mahal
    tunggu sekennya aja
    paling tahun 2014 ada selisih 2-3 juta harga bekasnya :mrgreen:

    Suka

  4. itu mesin turunan cbr atau tanjakan cbr?? :mrgreen:

    Suka

  5. sabar, nunggu P200NS aja.. hehe

    Suka

  6. nyopot businya sangat ribet…kudu nyopot tangki dl…

    Suka

  7. di semarang harganya 23.250.000….padahal letaknya lbh deket ke jakarta dibanding surabaya….berarti pajaknya ato ambil untungnya gileeee

    Suka

  8. brigade jalan raya

    Ya iyalah mas bro. Kalau tapak ban itu ga lebar ya gampabg aja meliuk liuj. Faktor lain juga dilihat posisi stang. Pokoknya cb150r vixion banget yach! Coba diberi waena orange di trussframe bakal hilang image si vixion dan jadi ganteng :)

    Suka

  9. wah. .. mantep mas ulasannya. .. saya termasuk 4 orang yg test ride bareng MR :-)

    Suka

  10. Katanya susah tapi ga tau juga

    Suka

  11. Yang warna merah keren brooo. Josss ! :)

    Suka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s